6 Agustus 2014

Analisis Usaha Budidaya Pinang Secara Intensif

Budidaya Pinang - Menjadi petani tidak selamanya identik dengan kemiskinan. Buktinya banyak orang telah menikmati kesuksesan dari profesi bertani. 

Kunci sukses sebenarnya adalah dengan bekerja keras, tekun, berdoa dan memahami stategi, pengetahuan dan manajemen usaha yang ingin digeluti.

Biji Pinang Kering
Salah satu usaha tani yang sangat menjanjikan adalah budidaya Pinang secara intensif. Karena Pinang merupakan salah satu komoditas ekspor Indonesia dan permintaan buah pinang lumayan tinggi dan terus meningkat setiap tahun.

Buah pinang umumnya banyak tumbuh dipekarangan atau kebun, dan belum banyak petani yang membudidayakan Pinang secara serius dan dibudidaya secara intensif. 


5 - 10 tahun kedepan permintaan akan biji pinang akan terus meningkat setiap tahun. Mengingat biji pinang sangat berguna untuk bahan makanan, bahan baku industri seperti pewarna kain, dan obat. Apalagi biji pinang sudah masuk dalam prioritas WHO (World Health Organization/organisasi kesehatan dunia) sebagai penyusun ramuan obat. 


Dan hingga kini banyak negara yang menggunakan biji penang antara lain sebagai obat cacing, eksim, sakit gigi, flu, luka, kudis, difteri, nyeri haid, mimisan, sariawan, mencret, koreng, borok.


Dengan analisis ini semoga Anda lebih memilih menjadi petani ketimbang berebutan menjadi pegawai negeri. "Karena setinggi apapun pangkat yang Anda miliki, Anda tetap seorang pegawai. Dan sekecil apapun usaha yang Anda miliki, Anda adalah Bosnya".


Berikut analisis usaha budidaya Pinang secara intensif. Silahkan klik disini. Semoga bermanfaat. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon