3 September 2014

Biji Pinang Dapat Mengobati Penyakit Tungkik


Tips Sehat - Ciptaan Allah SWT tidak ada yang sia-sia. Semua yang dijadikan-Nya, selalu ada hikmah dan faedah. Lat batat kaye bate, semuanya berguna bagi manusia. Salah satu ciptaan Allah adalah Pinang (Aceh: Pineung).

Pinang atau buah pinang bagi masyarakat Indonesia adalah tanaman yang tidak asing lagi diteliga kita, terutama bagi masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan. Bahkan dibeberapa kabupaten di Aceh, buah pinang menjadi sumber ekonomi utama masyarakat setempat. 

Hanya saja, hasilnya yang belum maksimal. Karena masih ditanam dan dirawat secara tradisional. Padahal, kalau dibudidaya secara intensif bisa mendatangkan omset ratusan juta rupiah pertahun dalam 1 hektar. Baca: Budidaya Pinang Secara Intensif

Berikut beberapa khasiat buah/biji pinang untuk kesehatan kita:

Biji Pinang dapat menyembuhkan Sakit Pinggang. Cara membuatnya sangat mudah. Ambil beberapa lembar daun pinang. Kemudian tumbuk daun pinang tersebut dan hangatkan. Daun pinang yang telah ditumbuk dikompreskan di tempat yang sakit.

Biji Pinang juga dapat mengobati telinga bernanah. Dalam masyarakat Aceh disebut dengan "Tungkik". 

Untuk mengobati Penyakit Tungkik (teliga bernanah), caranya tidak sulit. Ambil akar buah pinang muda secukupnya, tumbuk halus dan peras airnya.

Sebelum diberikan, bersihkan terlebih dahulu telinga anak yang sakit dengan kapas, setelah itu tetesi dengan air perasan pinang di bagian telinga yang sakit sebanyak 3 tetes. Sumbat telinga dengan kapas agar air tetesan tidak mengalir keluar. Lakukan setiap hari secara rutin hingga sembuh.

Secara tradisional, biji pinang digunakan sebagai bahan ramuan untuk mengobati sakit disentri, diare berdarah, dan kudisan. Secara moderen, biji pinang dimanfaatkan sebagai penghasil zat pewarna merah. Semoga bermanfaat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon