13 September 2014

Cara Pembibitan Benih Pinang yang Baik

Budidaya Pinang - Pinang sebagai salah satu tanaman palma cukup potensial dan memiliki nilai ekonomi sebagai bahan baku farmasi dan industri. Pinang termasuk salah satu komoditi ekspor yang diandalkan untuk menambah devisa Negara. Perkembangan ekspor biji pinang kering di Indonesia terus meningkat dari tahun ke tahun, dengan Negara tujuan utama adalah India dan Pakistan, Singapore, Banglades, Nepal dan Malayasia.
Polybad Bibit Pinang/Foto: Areca Ristu
Di pasar internasional, pinang dikenal sebagai areca nut atau batt nut  yang memiliki manfaat yang beragam. Manfaat biji pinang antara lain untuk bahan industri, tekstil, industri zat pewarna, industry farmasi dan kosmetik, minuman, bahan makanan stimulansia dan bubu masak.

Budidaya pinang secara intensif telah dilakukan di beberapa Negara, diantaranya India, Banglades dan Srilangka. Sementara di Indonesia masih melakukan pemeliharaan seadanya saja, tanpa ada langkah-langkah untuk membudidaya secara intensif.  


Apabila keadaan ini terus-menerus berlanjut dikhawatirkan akan terjadi pengurangan produksi secara signifikan. Dan sampai sekarang, peremajaan pinang dan budidaya secara intensif seperti tanaman perkebunan lain “juga belum menjadi andalan pemerintah”. 


Dalam rangka pengembangan tanaman pinang, penyediaan benih atau bibit termasuk faktor yang utama dan sangat penting. Baik untuk peremajaan kebun masyarakat petani maupun dalam rangka perluasan areal pinang dengan pola budidaya secara intensif.


Masalah utama perkecambahan benih pinang adalah lamanya waktu yang diperlukan untuk berkecambah, hal ini karena kurangnya metoda dalam pembibitan. Karena berbagai jenis tanaman palem (arecaceae), diketahui teknik kultur in vitron merupakan salah satu solusi yang cukup efektif untuk mengatasi masalah dalam penyediaan bibit. 


Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan dalam Pembibitan Benih Pinang :


Perkecambahan benih pinang sangat bergantung pada air, oksigen, suhu dan cahaya. Benih pinang yang baik memiliki ukuran besar dan seragam, berat benih sekitar 60 biji per kilo. 


Sebelum dilakukan persemaian, benih pinang terlebih dahulu dibersihkan. Kemudian lakukan perendaman benih dengan air. Tujuan dari perendaman benih adalah untuk mempermudah terjadinya imbibisi dan permeabilitas kulit benih terhadap masuknya oksigen, dengan masuknya oksigen perkecambahan benih dapat berlangsung lebih cepat.


"Pilih tempat yang gelap". Karena benih pinang akan cepat berkecambah bila diperlakukan dalam kondisi gelap. Karena sifat benih pinang yaitu fotoblanstik negative tidak sensitive terhadap kondisi terang. 


Rata-rata waktu yang diperluka untuk berkecambahnya benih pinang adalah 1 sampai 2 bulan. Sedangkan, kreteria bibit pinang yang bermutu dan siap dipindahkan ke lapangan jika sudah memiliki jumlah daun 5 lembar atau lebih. Semoga tips ini berguna dalam usaha pembibitan benih pinang. Selanjutnya cara Budidaya Pinang Intensif

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon