14 September 2014

Hidup Sehat Tanpa Konsumsi Obat


#TipsSehat, RT Online - Saat ini muncul suatu pemahaman baru bahwa untuk sehat itu perlu obat, untuk sehat itu mahal, dan sebagainya. Semua itu tidak salah, namun juga tidak 100% benar. Hal itu karena sebenarnya Anda juga bisa menjaga kesehatan tanpa tergantung dengan yang namanya obat.

Menjalani hidup sehat saat ini memang menjadi sesuatu yang mahal dan sulit didapatkan. Pasalnya dengan semakin majunya zaman, tingkat polusi dan pencemaran semakin tinggi sehingga membuat kita bisa dilanda penyakit aneh yang sulit diatasi, baik oleh kekebalan tubuh sendiri maupun penggunaan obat-obatan dan bahan kimia. Tingkat penggunaan obat kimia daripada obat tradisional juga semakin tinggi. Hal itu menyebabkan semakin banyaknya racun kimia yang tertumpuk di dalam tubuh.

Sehat bukanlah suatu pilihan, tetapi merupakan suatu keharusan. Banyak orang yang ingin selalu hidup sehat tanpa harus terikat dengan obat-obatan, tetapi kenapa selalu saja terserang penyakit yang mengharuskan kita untuk minum obat secara terus-menerus. Tapi, apakah Anda tahu efek dari obat tersebut?

Lalu, bagaimana caranya agar tubuh tetap sehat tanpa harus sering berobat? Berikut ini cara hidup sehat tanpa mengonsumsi obat-obatan yang disarikan dari beberapa sumber, yang kam kutip dari wartaekonomi.co.id.

Kenali Diri Anda, Baik Fisik Maupun Kejiwaan
Dengan mengenali diri sendiri, Anda dapat mengetahui kelemahan fisik tubuh Anda sendiri lalu dapat memutuskan apa yang baik dan apa yang tidak boleh dilakukan bagi tubuh. Ini adalah letak kunci dari segalanya.

Berolahraga secara Teratur sesuai Kemampuan
Tujuan berolahraga adalah memperlancar peredaran darah dan mempercepat penyebaran impuls urat saraf ke bagian tubuh atau sebaliknya sehingga tubuh senantiasa sehat dan bugar. Lakukan secara teratur dan berkesinambungan agar badan tetap bugar dan dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Mengatur Variasi Makanan dan Sesuaikan dengan Tingkatan Umur
Ubah kebiasaan yang monoton seperti setiap pagi harus makan daging, siang dengan sayuran, dst. Buat selingan yang bervariatif agar dapat saling melengkapi. Jumlah zat gizi dalam berbeda-beda tergantung tingkatan umur, jenis kegiatan, dan kondisi tubuh. Pada anak-anak dan remaja unsur karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral, serta air sangat diperlukan. Sebaliknya, pada orang dewasa dan lanjut usia pembatasan karbohidrat dan lemak itu mutlak harus dibatasi.

Konsumsi Makanan Organik/Back to Nature
Makanan organik adalah semua jenis bahan pangan yang berasal dari organisme hidup (hewan dan tanaman) yang tidak mempunyai kandungan kimia tambahan, (pestisida, insektisida, dan hormon). Manfaat mengonsumsi makanan organik untuk meningkatkan kemampuan tubuh dalam melawan proses degeneratif, mencegah terjadinya paparan radikal bebas, regenerasi sel dan optimalisasi antibodi.

Jangan Terburu-buru Minum Obat ketika Sakit
Tubuh mempunyai kemampuan untuk menyembuhkan sendiri. Jangan hanya karena bersin, batuk, atau agak demam, memutuskan untuk minum obat atau datang ke dokter. Biasanya, itu semua proses pembersihan untuk mengeluarkan kuman penyakit dari saluran pernapasan.

Menjaga Kebersihan
Lingkungan bersih membuat tubuh juga bersih, baik jasmani maupun rohani. Kondisi ini mampu mencegah penyakit jasmani seperti infeksi kulit, alergi debu, flu, bronkitis, dan "penyakit" rohani seperti stres, frustrasi dan depresi, yang menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh.

Istirahat dan Mengolah Pernafasan
Luangkan waktu untuk istirahat dan atur frekuensi pernafasan agar lebih efisien. Ini dilakukan ketika Anda stres dari ketegangan jam sibuk bekerja sehari-hari. Bersantai juga tidak berarti harus melakukan rekreasi yang melelahkan, tetapi cukup berkumpul dengan rekan sekantor, tetangga atau keluarga di rumah.

Nah, jika Anda menginginkan tubuh yang sehat tanpa harus mengkonsumsi obat-obatan setiap kali sakit, maka cara diatas layak untuk diterapkan dalam kehidupan Anda. Perbaiki gaya hidup Anda dengan gaya hidup yang sehat, maka penyakit pun bisa dicegah kecuali kematian. Anda siap untuk hidup sehat?

Penulis: Fajar Sulaiman
Foto: hijabspeak.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon