16 September 2014

Manfaat Boh Reuteuk untuk Kesehatan


#TipsSehat - Mengkonsumsi boh reuteuk atau kacang panjang secara teratur tenyata sangat baik untuk kesehatan tubuh. Selain bermanfaat bagi kesehatan, boh reuteuk juga termasuk bahan utama dalam membuat beberapa menu sayuran. 

Beberapa kuliner khas masyarakat Aceh dari boh reuteuk antara lain; sayuran boh reuteuk (kuah kacang panjang), lalapan sambal teurasi, beulacan oen putek (urab) dll. Menu-menu ini akan kita jumpai hampir diseluruh warong-warong nasi di Aceh dan termasuk dalam daftar kuliner nusantara.  

Mungkin banyak diantara kita yang belum tahu manfaat boh reuteuk bagi kesehatan tubuh. Tenyata boh reuteuk atau kacang panjang mengandung protein, vitamin A, vitamin B1, B2, zat besi, fosfor, dan kalium. Semua unsur tersebut secara medis sangat berguna untuk kesehatan tubuh. 

Berikut beberapa manfaat kacang panjang atau Boh Reuteuk untuk kesehatan;

  1. Membantu memperkecil resiko terserang penyakit stroke;
  2. Mencegah penyakit serangan jantung;
  3. Dapat meningkatkan fungsi organ pencernaan;
  4. Dapat mengurangi resiko terserang penyakit kanker;
  5. Dapat mengatasi penyakit hipertensi. 
Boh reuteuk juga sangat baik dikonsumsi oleh ibu-ibu hamil. Karena boh reuteuk dapat menstabilkan kadar gula darah dalam tubuh. Keberadaan darah gula yang terlalu tinggi tidak baik bagi kesehatan janin karena bisa menyebabkan pankreas janin. 

Boh reuteuk juga berkhasiat untuk menjaga kulit dari gangguan jerawat, membantu pemulihan luka bakar, peluruh air seni, mengatasi diare, eksim, gangguan ginjal, dan penyakit gatal-gatal.


Selain buah kacang panjang, ternyata daun reuteuk (daun kacang panjang) juga sangat mujarab untuk mengobati beberapa penyakit seperti; dalam menyembuhkan penyakit sakit pinggang, mengobati penderita anemia atau kurang darah, batu ginjal, meningkatkan selera makan, menambah stamina, dan mengobati gangguan pada saluran kemih.


Berikut beberapa tips cara meramu oen reuteuk atau daun kacang panjang untuk mengobati beberapa penyakit, yang kami himpun dari berbagai sumber:


Untuk Meluruhkan Air Seni: Ambil 50 gram daun segar kacang panjang. Bahan-bahan itu kemudian dicuci bersih. Kemudian direbus dengan dua gelas air sekitar 30 menit. Setelah dingin, airnya disaring dan diminum dua kali sehari, pada pagi dan sore hari.


Untuk Pengindap Sakit Pinggang: Gunakan 200 gram biji kacang panjang, 200 gram jahe, dan 25 gram kencur. Semua bahan kemudian direbus dengan 500 cc air, hingga tersisa sekitar 200 cc. Setelah itu airnya disaring, kemudian diminum.


Untuk yang Menderita Pembengkakan: Ambil 200 gram kacang panjang + 20 gram bawang putih + gula merah secukupnya. Bahan-bahan dimasak menjadi sup, dan dimakan secara teratur.


Bagi yang Menderita Batu Ginjal: Ambil 200 gram kacang panjang + 200 gram asparagus. Semua bahan diblender dengan air secukupnya, hingga tertampung 200 cc. Kemudian direbus, hingga mendidih dan airnya diminum hangat-hangat.


Bagi yang ingin Meningkatkan Nafsu Makan: Ambil 100 gram kacang panjang + 40 gram temulawak + 3 buah kiam boi/sun boi direbus dengan air secukupnya. Hasilnya di saring, lalu airnya ditambakan madu secukupnya dan diminum.


Bagi Penderita Sembelit: Ambil 200 gram kacang panjang + 100 gram daun ubi jalar dimasak sesuai selera, dan dimakan secara teratur. Untuk antikanker, sediakan kacang panjang + buncis + brokoli + wortel masing-masing secukupnya. Kemudian dimasak menjadi tumisan, dengan ditambah bumbu-bumbu hingga matang dan dimakan secara teratur.


Subbanallah. Semua tumbuh-tumbuhan dengan segala jenisnya dan buah-buahan dengan segala rasa dan warnanya, Allah menciptakanNya memiliki tujuan dan tidak sia-sia. Sebarkan posting ini, semoga bermanfaan. 


Jika Anda ingin membudidayakan kacang panjang (reuteuk) baik di kebun, di ladang, di sawah, di pekarangan rumah atau sebagai selingan tanaman palawija lainnya. Silahkan Anda pelajari dulu: Cara Budidaya Tanaman Reuteuk.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon