4 September 2014

Stop Mendengarkan Musik Terlalu Kencang! Ini Bahayanya!

Siapa yang tidak suka mendengarkan musik? Mendengarkan musik memang bisa membantu menenangkan pikiran. Namun volume saat mendengarkan musik juga harus diperhatikan.
Ilustrasi: google
Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa mendengarkan lagu terlalu kencang dapat berbahaya bagi kuping dan otak. Seperti yang dilansir Boldsky.com, berikut bahaya mendengarkan musik dengan volume terlalu kencang.

1. Mengurangi tingkat pendengaran
Salah satu efek yang paling jelas terasa adalah menurunnya kemampuan mendengar. Ketika volume musik sudah melebihi 90 desibel, maka suara tersebut akan berefek pada gendang telinga. Pastikan tidak memakai earphone terlalu lama atau perhatikan volume musik.

2. Melemahkan syaraf
Siapa sangka ternyata mendengarkan musik terlalu kencang bisa melemahkan syaraf kita. Jika syaraf sudah bermasalah, maka sinyal yang terkirim ke otak akan melambat dan menyebabkan masalah besar bagi fungsi otak dan seluruh tubuh.

3. Infeksi telinga
Infeksi telinga ini akan diperparah dengan kebiasaan berbagi earphone. Hal itu juga berarti berbagi bakteri berbahaya yang menempel di earphone. Infeksi kuping adalah salah satu efek utama dari mendengarkan musik terlalu keras atau menggunakan earphone.

4. Mengurangi daya konsentrasi
Ketika volume musik yang terlalu keras didengarkan secara terus menerus maka daya konsentrasi juga akan berkurang. Kita akan kesusahan menangkap kalimat dari kata pertama. Akibatnya, kita tidak akan bisa berkonsentrasi mendengarkan atau memperhatikan apapun.

Yuk mulai berhenti dengarkan musik terlalu kencang, apalagi melalui headset!

Sumber: dreamersradio.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon