6 Oktober 2014

Manfaat Kunyit bagi Kesehatan

#TipsSehat: Indonesia memiliki kekayaan alam yang berlimpah, dengan hasil buminya yang beraneka jenis tumbuhan, salah satunya adalah tanaman kunyit. 

Kunyit termasuk dalam rempah khas bumi Indonesia. Selain sebagai bumbu kuliner, kunyit juga memiliki khasiat bagi kesehatan dan telah terbukti dapat menyembuhkan berbagai penyakit, seperti mengobati luka lambung, menghilangkan keputihan, melangsingkan tubuh, mengobati sariawan, dan dapat mengobati radang amandel.

Kunyit dapat berfungsi sebagai antiseptic dan anti bakteri serta sangat baik digunakan untuk mengatasi gatal-gatal pada tubuh. 

Pada tanaman kunyit terkandung antioksida yang mampu menangkal radikal bebas yang menyebabkan penuaan dini. Oleh karena itu, kunyit sangat manjur digunakan untuk menghilangkan jerawat, bintik-bintik hitam di wajah serta dapat memperhalus wajah muka.

Tanaman kunyit juga memiliki kadar polifenol yang tinggi dan secara kllinis dapat menghambat pertumbuhan kanker. Dengan mengkonsumsi kunyit secara teratur dapat melawan berbagai penyakit, seperti penyakit kanker. Baik itu, kanker prostat, melanoma, kanker payudara, tumor otak serta kanker pankreas.

Apa itu polifenol..? Polifenol (polyphenol) merupakan senyawa kimia yang terkandung di dalam tumbuhan dan bersifat antioksidan kuat. Polifenol adalah kelompok antioksidan yang secara alami ada di dalam sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, minyak zaitun, dan minuman. 

Banyak studi ilmiah yang telah membuktikan. Polifenol umumnya banyak terkandung dalam kulit buah. Polifenol yang terkandung dalam kulit kunyit dapat berperan melindungi sel tubuh dari kerusakan akibat radikal bebas dengan cara mengikat radikal bebas sehingga mencegah proses inflamasi dan peradangan pada sel tubuh.

Manfaat Polifenol yang terkandung pada kunyit, antara lain:
  • Sebagian besar polifenol adalah antioksidan sehingga mampu menetralkan radikal bebas yang memiliki efek merusak terhadap sel-sel dan jaringan tubuh.
  • Polifenol efektif memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh yang kuat merupakan suatu keharusan untuk menjaga kesehatan dan mencegah timbulnya penyakit.
  • Polifenol tertentu seperti resveratrol menunjukkan sifat anti-tumor sehingga berpotensi menghambat pertumbuhan kanker.
Itulah beberapa Manfaat Kunyit bagi Kesehatan. 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon