24 Oktober 2014

Tipe-Tipe Lahan Penanaman Pinang

Budidaya Pinang - Sebelumnya kita sudah membahas banyak tentang pedoman penanaman pinang. Mulai dari cara budidaya pinang secara intensif, pembibitan benih pinang yang baik, jenis-jenis hama-hama penyerang pinang, penyakit tanaman pinang, teknit pengiringan dan pengupasan biji pinang, serta proses penanganan hasil pinang yang baik. 
Tipe lahan yang cocok untuk budidaya pinang
Bibit Pinang Unggul/Foto: Areca Ristu
Namun ada satu langkah yang tertinggal dalam proses budidaya pinang yang belum kita bahas, yaitu tipe lahan yang cocok untuk budidaya pinang. 

Berikut 4 tipe lahan yang dapat ditanami tanaman pinang yang perlu Anda ketahui:

1. Lahan Semak Belukar



Lahan semak belukar dapat diartikan lahan yang sudah pernah bersihkan baik oleh petani karena tidak dilanjutkan, kemudian ditumbuhi oleh kayu-kayu kecil yang rendah.

Pada lahan semak belukar biasanya didominasi oleh pohon berkayu kecil atau pohon lain yang dianggap tidak berguna. Untuk membersihkan gulma pada lahan ini dapat menggunakan herbisida. Herbisida yang dapat digunakan, seperti Pelithapon, Dalapon, Round-Up, Gramoxone S, Para-Col, Spak, Dual, Ronstar, Polaris, Basta, dan Dawpon.

2. Lahan Pekarangan

Lahan pekarangan umumnya ditanami beragam jenis tanaman baik tanaman yang produktif maupun tanaman yang tidak produktif. Untuk tanaman yang tidak produktif perlu di ganti dengan tanaman produktif. Tanaman yang tidak produktif disingkirkan dan dengan cara di tebang dan gulma yang tumbuh perlu di cabut.

3. Lahan Tidur

Lahan tidur adalah lahan yang peruntukannya belum direncanakan, untuk lahan yang belum atau sudah pernah di tanami namun gagal sehingga ditinggalkan dan dibiarkan sehingga tumbuh gulma atau pohon yang tidak diinginkan tumbuh. Lahan tidur inipun cocok untuk ditanami pinang dengan terlebih dahulu dibersihkan. Bila lahan sering tergenang air, perlu dibuatkan saluran drainase.

4. Lahan Pertanaman Kelapa

Penanaman di lahan pertanaman kelapa (pinang sebagai tanaman sela) dapat dilakukan pada lahan pertanaman kelapa yang memiliki jarak tanam 9 x 9 meter segi empat. Tanaman pinang dapat ditanam diantara dua baris tanaman kelapa dengan jarak tanam 2,5 x 2,5 meter segi empat.

Penentuan lahan dan pembukaan lahan adalah hal yang sangat penting dalam memulai usaha apapu, termasuk dalam usaha perkebunan pinang. 

Agar usaha budidaya pinang berjalan sukses, sangat dianjurkan untuk membuat analis usaha. Bagi yang berminat berivestasi disektor perkebunan, terutama pinang Anda dapat membaca Cara Budidya Pinang Secara Intensif

Artikel Terkait

Media Informasi dan Edukasi Berdesa


EmoticonEmoticon