21 November 2014

Berapa Alokasi APBA Tahun 2015 untuk Bangun Gampong?

Seluruh desa di Indonesia dalam 5 tahun kedepan diperkirakan akan ada pembangunan yang heba-hebat? Dari Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kementerian DPDTT).

9 program prioritas desa yang telah diluncurkan oleh menteri desa, diharapkan menjadi cikal bakal kemajuan pembangunan di perdesaan. Sebagaimana kita ketahui bahwa selama ini desa/gampong selalu menjadi objek oleh banyak pihak untuk meraih pundi-pundi uang, tahta dan kekuasaan.

Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla, telah membentuk kementerian desa. Pemerintah telah menyiapkan dana sebesar Rp9,2 triliun untuk disalurkan ke sejumlah desa pada 2015. "Walaupun jumlah dana tersebut banyak pihak menilai tidak sesuai dengan sprit yang amanah oleh UU Desa.

Sebelumnya mantan Menteri Keuangan Chatib Basri mengatakan alokasi dana desa yang ideal diberikan untuk pembangunan desa adalah sebesar 10 persen dari dana transfer ke daerah yang dialokasikan dalam RAPBN 2015, yaitu Rp64 triliun.

Di provinsi Aceh, dalam rangka percepatan penanggulangan kemiskinan dan mengejar ketertinggalan pembangunan di wilayah pedesaan/gampong. Sejak tahun 2009 Pemerintah Aceh telah meluncurkan Program BKPG (Bantuan Keuangan Peumakmu Gampong).

Selain Program BKPG, ada juga Alokasi Dana Gampong(ADG), dan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM Mandiri Pendesaan) dan ketiga dana ini sasarannya ke setiap desa di Aceh. 

Bantuan Keuangan Peumakmu Gampong (BKPG) sumbernya dari Anggaran Pendapatan Belanja Aceh (APBA). Sedangkan PNPM Mandiri Pedesaan bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara APBN). 

Pada tahun 2013 Pemerintah Aceh mengalokasikan anggaran dana gampong Rp 451,5 miliar untuk 6.464 gampong yang tersebar di 289 kecamatan di 23 kabupaten/kota di Aceh.

Sedangkan pada tahun anggaran 2014 Pemerintah Aceh kembali mengalokasikan anggaran dana gampong Rp 517 miliar. Dana tersebut dibagikan untuk 6.464 desa di 289 kecamatan yang ada di 23 kabupaten/kota di Aceh.

Pada tahun 2012 jumlah alokasi BKPG sebesar Rp 445 miliar dan pada 2013 sebesar Rp 451,5 miliar. Bila dibandingkan alokasi pada tahun 2014 mengalami peningkatan. Bedanya kalau tahun 2013 dana BKPG per gampong dijatah Rp 70 juta sedangkan pada tahun 2014 Rp 80 juta.

Tahun Anggaran 2015 tinggal dua bulan lagi. Seberapa besar plot alokasi dana gampong dari APBA pada tahun 2015? Jawabannya ada pada Tim Anggaran Pemerintah Aceh (TAPA) bersama DPRA. Kita tunggu saja hasil ketokan palu wakil rakyat terhormat, dari gedung DPRA.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon