4 Mei 2015

50 Tahun Kedepan, Indonesia Bukan Lagi Mayoritas Islam?

GampongRT - Dari Sabang sampai Marouke adalah negara Indonesia yang terletak di benua Asia sebelah Tenggara dengan mayoritas penduduknya penganut agama Islam. Aceh, provinsi di ujung barat pulau Sumatera merupakan daerah dengan mayoritas muslim, yaitu 99,9 persen dari jumlah total penduduk Aceh 4,5 juta jiwa (Perlu dibaca referensi yang akurat).

Pada tahun 2010, penganut Islam di Indonesia sekitar 205 juta jiwa atau 88,1 persen dari jumlah penduduk Indonesia, dan sekitar 12,7 persen dari total Muslim dunia. Sepuluh negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia adalah Indonesia, Pakistan, India, Bangladesh, Mesir, Negeria, Iran, Turki, Aljazair, dan Moroko.[Data: The Pew Forum on Region & Public Life: 2010].

Indonesia sampai kini di kenal sebagai negara dengan jumlah masyarakat Muslim paling besar di dunia. Namun, sebutan itu nampaknya bakal geser ke India dalam kurun waktu 50 tahun yang akan datang.

Hal semacam ini didasarkan pada laporan instansi pemerhati agama yang berdomisili di Amerika Serikat, The Pew Researh Center Religious and Public Life, seperti dilansir dalam laman Dream.co.id, pada Senin, 6 April 2015.

Laporan itu mengatakan perkembangan Muslim di Indonesia kalah cepat dibanding dengan di India, yang notabene di kenal juga sebagai negara Hindu. "Sebagian besar masyarakat India terus penganut Hindu, tetapi jumlah pemeluk Islam di India bertambah mencolok melampaui Indonesia, "Ungkap Pew, dalam data laporannya.

Kondisi ini berlangsung karena dampak padatnya masyarakat di negara India, baik dari kelompok Hindu ataupun Islam. Di negara itu, jumlah penganut dua agama itu dari kelompok generasi muda dibawah umur 30 tahun sejumlah 30 %.

Pew memperkirakan baik Islam ataupun Hindu bakal jadi agama sebagian besar di lokasi Asia Pasifik. Ini dikarenakan terjadinya penurunan jumlah penganut Budha serta Konghucu disebabkan program penekanan angka kelahiran.

Juga sebagai perbandingan, pada tahun 2010, jumlah Muslim di Indonesia meraih 209, 12 juta jiwa atau sekita 88 % dari keseluruhan populasi di Tanah Air. Pada tahun yang sama, jumlah Muslim India sekitar 117 juta jiwa, dua juta lebih rendah daripada Pakistan.

Gambar diatas adalah Masjid Jahan Numa, yang terkenal dengan nama Masjid Jami' Delhi, merupakan masjid utama dari kota Tua Delhi di India. Masjid tersebut di bangun oleh Kaisar Mugal Sah Jehan, selesai dibangun pada tahun 1656 AD, ini merupakan masjid terbesar dan terkenal di India

Halaman Masjid tersebut dapat menampung hingga 25.000 (dua puluh lima ribu jamaah). Masjid tersebut juga menyimpan beberapa relik dalam lemari di gerbang utara, termasuk salinan Al-Quran antik yang tertulis di kulit rusa.[*/dbs)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon