7 Juni 2015

Mantap..! 2019 Harga Biji Pinang Rp50 Ribu Perkilo

Dewasa ini budidaya pinang semakin banyak dilirik oleh petani, termasuk oleh para pelaku usaha bidang perkebunan. Kondisi ini dikarenakan kebutuhan biji pinang dunia yang semakin tinggi pada setiap tahunnya. 

Sekarang lebih dari 23 negara di dunia membutuhkan suplai biji pinang dalam jumlah besar untuk bahan baku medis, industri, dan kecantikan.

Dengan adanya permintaan yang besar tersebut, diperkirakan harga pinang akan terus meningkat pada setiap tahunnya, diasumsikan pada tahun 2019 harga jual pinang akan terus tumbuh.

Di Indonesia harga jual pinang koin (pinang bulat) super dalam dua tahun kebelakang berkisar Rp.21-25 ribu per kilo. Sedangkan harga pinang iris (pinang belah) berkisar Rp.15-17 ribu per kilo. Jika dilihat dari permintaan pinang dunia yang terus meningkat, maka diperkirakan harga pinang pada tahun 2019 bisa mencapai Rp.40-50 ribu per kilo. 

Khabar gembiran ini tentunya sangat di nanti-nanti oleh petani, termasuk para pelaku usaha perkebunan. Namun demikian, harga pinang lokal di beberapa daerah di Indonesia sering anjlok disebabkan oleh kwalitas biji pinang itu sendiri. Disamping jumlah produksi pinang setiap tahun terus mengalami penurunan hasilnya, karena mayoritas masyarakat masih menanam pinang secara tradisional dan penanganan hasil juga dilakukan seadanya baik pinang koin maupun pinang iris. 

Cara menanam atau budidaya pinang akan senantiasa menjadi fokus utama kami, dan berikut sebuah tips tentang teknik penyimpanan pinang iris (pinang belah).

Teknik Penyimpanan Pinang Iris  

Penyimpanan pinang iris sangatlah mudah. Apabila penyimpanan pinang iris kurang tepat akan menyebabkan warna berubah, jamuran, ulatan dan aroma pinang iris akan pudar. Namun kebanyakan dari para pembuat pinang iris tidak memperhatikan hal-hal diatas sehingga warna pinang menjadi kehitam-hitaman, berjamur dan warna pinang memudar. Apabila warna pinang iris sudah berubah menjadi kehitam-hitaman akan menyebabkan harga turun. Agar harga jual tetap baik, berikut cara penyimpanan pinang iris.

Cara Penyimpanan Pinang Iris

Setelah dijemur kering biji pinang iris harus segera dipacking dengan karung yang dilapisin plastik. Dalam proses pengemasan atau packing biji dalam karung harus dilakukan dengan baik dan hati-hati. Mulut karung/plastik harus tertutup rapat agar udara dari luar tidak bisa masuk.

Biji pinang yang sudah dikarungkan atau dipacking disimpan ditempat yang kering. Berikan alas dan anjang-anjang minimal 30 cm dari ubin.

Jangan sampai pinang yang sudah kering dihampar diterpal atau tikar plastik yang langsung kena ubin, karena bisa menyebabkan warna pinang berubah menjadi kehitam-hitaman, berjamur dan berubah aroma pinang iris.

Jaga suhu kelembaban udara, jangan menyimpan biji pinang dibawah suhu 25 derajat celcius. Jika kelembaban udara terlalu tinggi akan menyebabkan pinang iris berjamur dan berubah warna.

Baik dalam proses penjemuran maupun penyimpanan biji pinang iris harus dijaga dengan baik dan jangan sampai terkena air hujan atau air lainnya, karena biji pinang iris akan rusak jika terkena air dan warna biji berubah menjadi kehitam-hitaman, menimbulkan jamur berbintik-bintik putih agak kehijauan, dan beraroma bauk.

Dalam memperbanyak produksi biji pinang di Indonesia, masyarakat mulai mengubah cara budidaya pinang dari cara konvensional ke cara budidaya pinang secara intensif

Budidaya pinang secara konvensional produksi yang dihasilkan relatif masih rendah. Sedangkan budidaya pinang secara intensif mampu menghasilkan biji pinang 10 kali lebih banyak dari cara konvensional.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon