1 September 2015

Ketua LPPM Unimal: Mahasiswa Harus Memahami Implementasi UU Desa

GampongRT - Menyangkut persiapan Kuliah Kerja Nyata (KKN) untuk mahasiswa di Universitas Malikussaleh (UNIMAL) Aceh Utara sudah dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Lhokseumawe dan juga dengan Badan Pemerintahan Masyarakat (BPM) setempat.

Hal itu disampaikan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh Utara, Yulius Dharma, S.Ag., M.Si, menurutnya KKN akan diaksanakan pada Bulan Oktober mendatang.

“Karena kalau bulan September ini mengingat menyambut Hari Raya Idul Adha, dan setelah itu baru akan kita laksanakan,” katanya, Selasa 1 September 2015.


Ditambahkan, nantinya mahasiswa KKN akan kita tempatkan di wilayah Kota Lhokseumawe, tentu mereka ini membutuhkan kemampuan dan keterampilan untuk terjun langsung kelapangan. Karena tema yang akan kita angkat nanti “Implementasi Undang-Undang Desa,” ujar Yulius Dharma, S.Ag., M.Si.

Lanjutnya, mahasiswa harus mampu menyusun yang namanya Rencana Pembangunan Jangka Menengah Gampong (RPJMG), setelah mereka (Mahasiswa) selesai dari KKN sehingga desa ini menghasilkan sebuah RPJMG yang baru.

“Mahasiswa yang akan KKN itu nanti kita bekali mereka selama dua hari pembekalan mengenai bagaimana implementasi Undang-Undang desa itu sendiri, sebelum mereka turun kelapangan tentunya harus siap dulu,” ungkapnya.

Yulius Dharma menambahkan, kita mengharapkan kepada mahasiswa agar lebih serius dalam mempelajari hal tersebut, karena itu manfaatnya untuk mereka juga dan nanti mahasiswa setelah selesai kuliah pasti kembali lagi ke desanya masing-masing.

“Kedepan dengan adanya Undang-Undang Desa ini akan ada pemberdayaan masyarakat. Kenapa demikian, masing-masing desa kedepan akan dikuncurkan dana oleh pemerintah hampir Rp 1 Miliar lebih bahkan, maka dari itu mahasiswa harus benar-benar siap untuk menghadapinya dan bagaimana bisa membangun desa dengan baik dan lebih terarah,” katanya (Sumber: lintasnasional.com)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon