5 Oktober 2015

2.081 Calon Pendamping Dana Desa Lolos Berkas


GampongRT -
Sebanyak 2.081 calon pendamping dana desa yang mengikuti seleksi berkas melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Sulawesi Tenggara dinyatakan lolos seleksi berkas administrasi.

Kepala Bidang Kelembagaan, Sumber Daya Alam dan Tekhnologi Tepat Guna BPMPD Sultra, Jaya Bhakti di Kendari, Senin mengatakan mereka yang dinyatakan lolos berkas tersebut masih akan mengikuti seleksi dua tahap lagi.

"Mereka yang dinyatakan lolos berkas itu akan mengikuti seleksi tertulis untuk mendapatkan surat tugas mengikuti pelatihan di Kementerian Pembangunan Daerah Tertinggal," katanya. (Baca: 7 provinsi bersiap lakukan pengumuman).

Setelah mengikuti pelatihan dan dinyatakan lolos karena dianggap memiliki kemampuan untuk untuk menjadi pendaming dana desa, barulah mereka ditugaskan sebagai pendampingi dana desa di tingkat provinis, kabupaten, kecamatan dan lokal desa.

"Mereka yang akan mendapatkan surat tugas menjadi pendamping dana desa, akan tersisa sebanyak 617 orang, sesuai dengan jumlah kabupaten, kecamatan dan desa yang menerima dana desa tahun 2015," katanya.

Menurut dia, jumlah pelamar yang mendaftar jadi pendamping dana desa di BPMPD Sultra sebanyak kurang lebih 11.000 orang.

Dari jumlah tersebut kata dia, yang dinyatakan lolos berkas administrasi dan memenuhi syarat untuk ikut seleksi secara tertulis hanya sebanyak 2.081 orang.

"Kita harapkan mereka yang nantinya dinyatakan lolos menjadi pendaping dana desa benar-benar memiliki kompetensi dan kempuan yang memadai, sehingga bisa membimbing para kepala desa menggunakan dana tersebut sesuai aturan dan perundang-undangan yang berlaku," katanya. 

Sumber: www.antarasultra.com
Foto: Ilustrasi/Ist

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon