17 Oktober 2015

Hidup Sehat dan Merokok Bukan Pilihan..!

Belum ada satu teori pun yang menyatakan kalau merokok itu sehat. Seolah-olah "merokok" sudah menjadi sebuah tradisi dan budaya dari zaman-kezaman. Buktinya, merokok semakin mendapat hati bagi peminatnya. "Yang penting ngasap bung", soal sehat itu urusan masing-masing orang.

Padahal semua kita tahu, paham dan sangat mengerti. Kalau merokok dapat memunculkan beragam penyakit yang sangat berbahaya bagi tubuh manusia. Seperti terjadinya penyakit kanker, penyakit pernapasan kronis, dan penyakit jantung, impotensi bagi laki-laki, gangguan kehamilan bagi perempuan dan mempercepat kematian dini.

Berikut beberapa dampak bahaya merokok bagi kesehatan manusia yang diculik dari berbagai sumber. 

1. Merokok Menyebabkan Kanker

Risiko kematian karena kanker paru 23 kali lebih tinggi pada pria perokok dan 13 kali lebih tinggi pada wanita perokok dibandingkan dengan mereka yang bukan perokok. 

Hasil sebuah penelitian menunjukkan bahwa perokok yang tinggal bersama orang yang merokok memiliki risiko 24% lebih tinggi untuk mengidap kanker paru. Selain itu, orang yang merokok juga bisa menyebabkan Anda mengidap kanker kantung kencing, rongga mulut, pita suara, serviks, ginjal, pankreas, dan perut.

2. Merokok Menyebabkan Penyakit Jantung

Seseorang yang merokok bisa mengidap penyakit jantung koroner. Seorang perokok memiliki peluang 2-4 kali lebih tinggi untuk mengidap penyakit jantung dibandingkan dengan orang yang tidak perokok. Semakin banyak rokok yang Anda hisap, semakin besar pula kesempatan mengembangkan penyakit jantung atau menderita serangan jantung atau stroke.

3. Merokok Menyebabkan Diabetes

Menurut Cleveland Clinic, merokok bisa menyebabkan komplikasi dari diabetes, seperti penyakit mata, penyakit jantung, stroke, penyakit pembuluh darah, penyakit ginjal.

4. Merokok Menyebabkan Gangguan Janin

Bagi para wanita yang merokok, ketahuilah bahwa merokok bisa berakibat buruk pada kesehatan reproduksi dan janin dalam kandungan dan kehamilan.
Dengan merokok Anda bisa mengalami kemadulan, keguguran, dan kematian janin.

Kalaupun janinya selamat dan Anda memiliki bayi. Namun bayi yang lahir sering memiliki berat badan rendah, sering mengindap penyakit sindrom bahkan banyak terjadi kasus kematian mendadak.

5. Merokok Menyebabkan Gangguan Pernapasan

Merokok bisa meningkatkan risiko penyakit paru kronis hingga 10 kali lipat. Menurut sebuah riset, sekitar 90% kematian karena disebakan oleh penyakit paru kronis yang disebabkan oleh rokok.

Berhentilah merokok, pilih hidup sehat..! Sayangilah keluarga dan orang-orang disekeliling mu. Ayo hidup sehat, merokok bukan pilihan!

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon