14 Oktober 2015

Kurang Tidur Sama Bahayanya Dengan Mabuk Alkohol

GampongRT-Desa Membangun Indonesia: Dengan jadwal harian yang padat dan konektifitas terus-menerus sepanjang hari dan bahkan pada malam hari, semakin banyak orang kekurangan waktu tidur.
Image google/modif
Para dokter di Royal Mental Health Centre di Kanada mengatakan mereka menemukan fakta bahwa tidur selama kurang dari 6 jam semalam dapat menyebabkan keadaan tidak seimbang sama seperti jika kadar alkohol dalam darah kita berada di level 0.05%, atau sekitar satu-dua gelas minuman alkohol bagi orang dewasa.

Riset lain juga menunjukan bahwa pola tidur yang tidak ideal berujung pada resiko kesehatan, seperti kecenderungan untuk mengalami kecelakaan lalu lintas, obesitas, stroke, dan penyakit jantung. Mereka yang kurang tidur juga cenderung untuk makan lebih banyak, yang berkorelasi dengan masalah obesitas.

Salah satu solusi untuk membantu kita memperbaiki pola tidur adalah dengan berolahraga. Namun olahraga juga dapat menimbulkan masalah tidur bila dilakukan terlalu dekat dengan jam dimana seharusnya kita sudah pulas. Berlari akan meningkatkan level adrenalin dalam darah yang menyebabkan kita terjaga dan merasa segar. Tubuh membutuhkan satu sampai dua jam untuk menurunkan kembali kadar adrenalin.

Pesan yang ingin disampaikan pada pelari adalah, tidur merupakan kunci penting bagi program latihan yang sedang kita jalani. Bila kita ingin mencapai target di lomba berikut, pastikan kita juga menjaga pola tidur, sama seperti kita menjaga konsistensi latihan dan pola makan.

Sumber: dunialari.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon