25 November 2015

Aparatur Gampong Aceh Utara Dibekali Pelatihan Pengembangan Kapasitas

GampongRT - Para aparatur gampong di kabupaten Aceh Utara mengikuti pelatihan pengembangan kapasitas aparatur desa yang dilaksanakan oleh Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Aceh.

Buchari Budiman, Keuchik Gampong Riseh Tunong kecamatan Sawang kabupaten Aceh Utara menyebutkan, setiap gampong pesertanya diundang tiga orang yaitu keuchik, sekretaris desa (sekdes) dan bendahara gampong.

"Kegiatan ini sangat berguna dalam rangka peningkatan sumber daya manusia aparatur pemerintah gampong."

Menurut keuchik Buchari, sesuai sambutan yang disampaikan pada saat pembukaan. Kegiatan ini bertujuan agar aparatur gampong memahami manajemen, terampil penyusunan laporan desa, produk hukum, menyusun rencana jangka menengah gampong (RPJMG), dan menyusun rencana kerja tahunan gampong (RKPG).

Dalam kegiatan tersebut, narasumber juga mengupas tentang konsep Revolusi Mental. Yang saya tangkap, kata kunci revolusi mental yakni "perubahan dalam waktu singkat". Sedangkan mentalitas adalah cara berfikir atau kemampuan untuk berfikir, belajar dan merespon terhadap situasi dan kondisi.

Pelatihan Pengembangan Kapasitas Aparatur Desa se-kecamatan Sawang kabupaten Aceh Utara, dilaksanakan dibeberapa tempat. Peserta dari gampong geutanyoe (desa kita) bertempat di Kutakarang Lama, Lhokseumawe. Insya Allah, kegiatannya akan berlangsung sampai hari Sabtu ini, "ujarnya.

Artikel Terkait

Media Informasi dan Edukasi Berdesa


EmoticonEmoticon