18 Januari 2016

Tiap Desa Raih Rp1,5 Miliar, Anggaran Naik 500% di 2019

GampongRT - Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menjanjikan akan meningkatkan anggaran dana desa dalam setiap tahun. Hal ini dianggap perlu dilakukan untuk memicu pertumbuhan pembangunan desa di berbagai daerah di Indonesia.

Direktur Jenderal (Dirjen) Perimbangan Keuangan Kemenkeu Boediarso Teguh Widodo menuturkan, pada 2019 ditargetkan total anggaran yang diterima oleh setiap desa akan meningkat hingga lima kali lipat dibandingkan jumlah dana yang diperoleh saat ini.

"Saat ini setiap desa masih memperoleh Rp280 juta. Jumlah ini akan kita tingkatkan setiap tahun hingga nanti pada tahun 2019 jumlahnya mencapai Rp1,5 miliar setiap desa," ujar Boediarso di Gedung Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (17/12/2015).

Boediarso pun menyatakan, beban kepala desa setiap tahunnya akan bertambah dengan mengemban amanah hingga miliaran Rupiah. Untuk itu, Kepala Desa harus memiliki kompetensi manajemen yang baik agar tidak salah menggunakan anggaran desa.

"Beban Kepala Desa akan semakin berat. Mereka nantinya akan menyandang tanggung jawab hingga miliaran Rupiah," imbuhnya.

Sumber: okezone.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon