3 Februari 2016

Penggagas Gerakan Desa Membangun Meninggal Dunia

GampongRT - Para pegiat desa ditanah air ikut berduka atas meninggalnya salah seorang Penggagas Gerakan Desa Membangun, Achmad Munawar atau yang populer di dunia maya dengan nama Lik Munawar Achmad.

Semangat Lik Munawar dalam upaya menjadikan desa menjadi subjek patut dikenang dan berikan apresiasi, terutama dalam memperjuangkan lahirnya domain desa.id dan website desamembangun.id.

Lik Munawar Achmad adalah pegiat, penggagas, sekaligus mentor Gerakan Desa Membangun (GDM). Blog riseh tunong, banyak hal terinspirasi dari para penggiat gerakan desa membangun, meskipun belum sekalipun bertemu. Dari berbagai referensi, sosok Achmad Munawar merupakan salah satu dari tiga kepala desa aktif di Banyumas, yang getol memperjuangkan domain desa.id, kemandirian desa, dan membangun desa dari desa. 
Desa.id adalah penerjemahan upaya desa menjadi subjek, Desa tak lagi menjadi objek pembangunan semata. Dalam UU Desa, Desa memiliki kewenangan mengatur diri sesuai asas Rekognisi dan Subsidaritas.
Semangat Lik Munawar Achmad untuk membangun desa melek IT sungguh luar biasa. "Semangat pak lik, dalam Gerakan Desa Membangun patut kiranya dicontoh oleh para penggiat desa/gampong atau nama lain di seluruh Nusantara".

Kiranya semangat ini juga menular kepada seluruh tenaga pendampingan desa baik TA, PD dan PLD. Semoga!  

Foto: Twitter Desa Membangun.

Artikel Terkait

Media Informasi dan Edukasi Berdesa


EmoticonEmoticon