31 Juli 2016

Ayo Makan Gratis, Durian Kampung Riseh Tunong

GampongRT - Musim buah durian di Desa Riseh Tunong Kecamatan Sawang, Kabupaten Aceh Utara, membawa berkah bagi petani, pengumpul maupun para pedagang. "Petani yang memiliki kebun durian bisa mendapatkan omzet hingga jutaan rupiah dalam sehari, bahkan lebih". 

Makan Durian Enak | Foto:Google
Sejumlah petani mengaku, hasil panen raya durian mengalami penurunan dari tahun lalu. Penurunan hasil panen durian diakibatkan cuaca yang tidak menentu dan terjadinya musim kemarau saat buah kecil karena pertumbuhan buah durian kurang maksimal dibanding tahun lalu. 

Berdasarkan pantauan, setiap pagi ribuan buah durian bertumpuk memadati halaman kedai Desa Riseh Tunong, Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara.  

Buah durian asal desa ini banyak diminati oleh pembeli, karena terkenal dengan rasanya yang legit dan manis. "Maka berutunglah Anda, jika bisa menikmati rasanya buah durian dari kampung ini." 

Baca Juga: 
  • Manfaat Makan Buah Durian
  • Bahaya Makan Durian Berlebihan
Sehingga menjadi buruan masyarakat maupun agen, meskipun mereka harus menempuh jarak hingga puluhan kilometer dari jalan negara, Banda Aceh-Medan, tepatnya melalui tikungan Krueng Mane, Kabupaten Aceh Utara.

Durian asal Riseh Tunong dipasok ke sejumlah kota seperti Bireuen, Takengon, Aceh Timur, Bener Meriah, Kota Lhokseumawe, Kota Banda Aceh, bahkan sampai ke Kota Sabang.
Buah Durian Riseh Tunong | Foto: Dun
Bagi Anda yang ingin menikmati rasa buah durian kampung, jangan sunkan-sunkan untuk datang. Pasti akan disambut hangat dan ramah oleh warga.

Tempat makan gratis pun bisa Anda pilih. Makan di sugai, mungkin pilihan yang sangat tepat. Karena Anda juga bisa menikmati sejuknya air sugai krueng inong dan krueng agam bersama keluarga.

Untuk pilihan tempat Anda makan durian, tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Kalau buah durian-nya, bisa Anda beli pada pengumpul maupun petani langsung. Harga durian, pasti berbeda dengan membeli di pusat-pusat supermarket atau pada para pedangang.
  
Bila rasa buah durian yang Anda beli, tawar, asam dan busuk. Langsung diganti dengan buah yang lain, yang pasti tidak mengecewakan pembeli. Mumpung lagi musim durian, ayo makan gratis durian di kampung Riseh Tunong.[]

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon