24 Oktober 2016

Ketika Perempuan “Merangsang” Pembangunan Desa

Ayo Bangun Desa - Partisipasi kaum perempuan dalam mendorong suatu pembangunan di suatu daerah tak boleh dianggap remeh. Di Desa Batang, Kabupaten Bulukumba, Provinsi Sulawesi Selatan, Program Perempuan Desa Mandiri resmi diluncurkan.
Perempuan Membangun Desa/Foto: Alimah Fauzan
Program ini berjalan ketika Pemerintah Desa Batang melakoni kerjasama dengan Yayasan Kajian Pemberdayaan SulSel (YPKM) dalam meluncurkan program Perempuan Desa Mandiri ini.

Kepala Desa Batang, Hamzah Hafid mengatakan, kerjasama women potential developement ini tujuannya antara lain untuk meningkatkan kapasitas, efektivitas, partisipasi permpuan desa dalam pembangunan desa.

“Insya Allah dalam waktu dekat ini kami akan mengirim Ibu Ketua PKK Desa Batang bersama Semua Ibu Kepala Dusun untuk Studi Banding Pada salah satu desa di Kepulauan Pangkep yang saat ini sedang di Yayasan Bersama Ausaid,” kata Hamzah Hafid di Makasar, Minggu 23 Oktober 2016.

Output dari kerjasama ini adalah mendorong dan memberikan kesempatan kepada Badan Usaha Milik Desa (BUMD) dan Lego-Lego Batang yang menjadi instrumen dalam pengembangan ekonomi lokal dan usaha lainnya untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat.

Penjajakan kerjasama ini, menjadi langkah nyata komitmen Pemerintah Desa Batang  dalam mendukung penuh agenda dan visi pemerintah kabupaten Bulukumba

Sementara itu Rosniati, yang bertindak sebagai fasilitator dalam penjajakan kerjasama ini mengatakan. mendorong peningkatan prakarsa dan partisipasi program pemberdayaan sangat penting dalam menyukseskan program pembangunan desa.

“Insya Allah setelah kunjungan tim perempuan ke Pangkep, segera kami akan komunikasikan dengan pihak AusAid. Insya allah kami akan segera melaunching kerjasama ini,” katanya. [sumber: inikata.com]

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon