21 Februari 2017

Dana Desa Aceh Tidak Dikelola Transparan

Ayo Bangun Desa - Penggunaan Dana Desa diseluruh kabupaten/kota di Aceh masih belum transparan, bahkan juga masih banyak pemotongan dan pengalokasian yang tidak tepat sasaran.
Penggunaan Dana Desa diseluruh kabupaten/kota di Aceh masih belum transparan, bahkan juga masih banyak pemotongan dan pengalokasian yang tidak tepat sasaran.
Dana Desa/Ilustrasi
Koordinator LSM Masyarakat Transparansi Aceh (MATA), Alfian, Senin (20/2/2017) mengatakan, berdasarkan hasil kajian yang dilakukan oleh pihaknya, masyarakat sangat sulit untuk mengakses laporan pertanggungjawaban dana desa tersebut.


"Kesulitan warga itu hampir terjadi diseluruh wilayah Aceh, seharusnya laporan pertanggungjawaban itu disampaikan ke publik dan bukan malah tertutup seperti sekarang ini," ujar Alfian. 

Alfian menambahkan, pihaknya telah menerima laporan dari masyarakat sebanyak 30 kasus, yang isi laporanya semua terkait dengan dugaan penyimpangan penggunaan dana desa tersebut.

Secara umum penyimpangan penggunaan dana yang paling banyak yaitu, masalah pengutipan bahkan kasus itu ada yang belum selesai, seperti yang terjadi di Aceh Utara. Begitu juga dengan mark up anggaran, pemotongan dan beberapa kasus lainnya.


"Tata kelola dana desa itu saat ini bukan swadaya masyarakat, seharusnya setiap warga dilibatkan untuk berbagai proses. Tapi saat ini yang terjadi di seluruh Aceh, pengelolaan dana itu hanya dipercayakan pada satu orang saja," tutur Alfian. (Sumber: goaceh.com) 

Artikel Terkait

Media Informasi dan Edukasi Berdesa


EmoticonEmoticon