27 April 2017

Bangunlah Desa Tanpa Hilangkan Jati Diri

Ayo Bangun Desa - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo menyebutkan salah satu nawa cita pemerintahan Presiden Joko Widodo yakni membangun Indonesia dari pinggiran. Mendagri mengimbau untuk membangun desa yang maju dan modern tanpa menghilangkan jati diri dari desa tersebut.
Ilustrasi: Revolusi mental berdesa/ayo bangun desa
Dalam artian, adat budaya harus tetap ada. Membangun di desa menurut Tjahjo yakni membangun masyarakatnya dengan mencermati kondisi geografis, adat budaya, dan juga ciri khas yang dimiliki oleh desa itu sendiri.

“Membangun desa ya membangun masyarakat , sehingga desa ini modern dan maju dan tumbuh, tapi tidak hilang jati diri adat istiadat yang menjadi ciri khas di desa itu,” ujar Tjahjo di Jakarta, Rabu (26/4).

Anggaran desa yang saat ini cukup besar, harus mampu dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Masyarakat yang ada di desa harus mampu untuk diberdayakan dalam artian meningkatkan kualitas b agi aparatur desa yang ada.

“Jangan ditenderkan (dana desa) ke swasta tapi bagaimana lewat model-model padat karya,” ujar Tjahjo.

Maka, pemerintah harus bersama dengan tokoh adat, tokoh masyarakat, harus bersama-sama menggerakan masyarakat di desa.[]

Kemendagri

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon