10 Mei 2017

1 BUMDes Ditargetkan Miliki Penghasilan Rp1 Miliar Per Tahun

Tags

Ayo Bangun Desa - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Eko Putro Sandjojo dalam acara Jakarta Marketing Week kelima menargetkan satu Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) mampu memiliki penghasilan Rp1 miliar per tahun. Dengan target, perusahaan perdesaan bisa lebih mandiri.
Untuk merealisasikannya, Eko mengaku masih ada tantangan, utamanya pada sumber daya manusia (SDM) yang belum mampu mengelola BUMDes dengan baik. Untuk itu, dirinya melakukan kerjasama dengan Kementerian BUMN membentuk PT Mitra BUMDes Nusantara (BMN) yang tugasnya memberikan pelatihan dan bimbingan di desa-desa.

"Ketika ada kemampuan dan temuan mereka, satu BUMDes berhasil maka rata-rata pendapatannya bisa Rp1 miliar per tahun," tuturnya di Mal Kota Kasablanka, Jakarta, Selasa (9/5/2017).

Berdasarkan data Kemendes PDTT, saat ini jumlah BUMDes baru 18 ribu perusahaan dari 74.910 desa. Dirinya pun menargetkan dalam 5 tahun ke depan ada setiap desa mampu memiliki BUMDes yang bisa berhasil.

"Jika konsolidasi sekira 74.910 ribu desa maka pendapatan kita dari desa sudah bisa sekira Rp75 triliun. Provitnya kita targetkan 5 tahun ke depan lah. Dalam 5 tahun sudah 75 ribu desa. Saya yakin ini bisa," tuturnya.

Sebagai informasi, pemerintah mendorong kemandirian perdesaan dengan memiliki satu perusahaan berskala nasional di bawah pembinaan PT Mitra BUMDes Nusantara (BMN). BMN sendiri merupakan bentukan usaha dari Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik (Perum Bulog) dan Kopelindo.

Dalam acara peluncuran BMN, Menteri BUMN Rini Soemarno mengatakan, desa-desa di daerah harus menciptakan perusahaan yang memiliki pemikiran layaknya korporasi atau kelompok. Sehingga aktivitas desa bisa disatukan ke dalam satu perusahaan dan betul-betul mempunyai nilai perekonomian.

Selama ini, kata Rini, hanya sedikit perusahaan perdesaan yang mampu berkembang lantaran berada di bawah satu perusahaan besar. Skema ini yang harus diubah supaya banyak perusahaan perdesaan yang muncul ke atas tanpa berada di bawah perusahaan apa pun.

"Mitra BUMDes Nusantara ini tujuannya menciptakan kesetaraan. Bagaimana supaya perdesaan bisa meningkatkan perekonomian yang berkeadilan. Hal itu tentu bisa dilakukan secara menyeluruh di seluruh desa," ujarnya.(*)

Okezone.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon