15 September 2019

Tips Membuat Video Capturing Inovasi Desa Berkwalitas

Dalam pemahaman yang sederhanan, video capturing inovasi desa adalah video pendek yang dihasilkan dari proses pendokumentasian pengalaman, praktek cerdas dan pengetahuan inovatif masyarakat desa untuk menghasilkan sebuah dokumen pembelajaran.


Dalam melakukan pendokumentasian sebuah video, terdapat banyak kiat dan tips yang dapat dipedomani agar video yang dihasilkan berkwalitas baik. 

7 Tips dalam Membuat Video Capturing Inovasi Desa Berkwalitas baik, sebagai berikut:

1. Buat Planing

Sebelum mengambil kamera dan melakukan rekaman gambar atau video capturing, langkah pertama kalinya yang perlu dilakukan yaitu membuat planing dan jadwal pelaksanaan.

Dalam membuat planing, minimal sudah tergambarkan 5W1H, yaitu What (Apa), Who (Siapa),When (Kapan), Where (Dimana), Why (Kenapa), How (Bagaimana).

2. Pahami Tujuan Membuat Video

Tujuan setiap orang dalam membuat video tentu tidak sama. Oleh karena itu,  dalam membuat video inovasi desa, pahami dulu tujuan membuat video serta tahapan - tahapan dalam melakukan Capuring Inovasi Desa.

Memahami tujuan pembuatan video akan sangat berpengaruh bagi hasil sebuah karya video.

3. Penentuan Aktor dan Aktris yang sesuai


Mencari aktor dan aktris yang sesuai atau relevan sangat penting. Agar video yang dibuat sesuai tujuan dan maksud program. 

Dalam pembuatan video inovasi desa, penentuan aktor tidak menjadi sulit karena sudah dijelaskan dalam panduan capturing, siapa -siapa yang harus diwawancara dalam proses capturing.

4. Kemampuan Mengambil Gambar

Kemampuan dasar prasyarat yang harus dimiliki seorang videographer adalah kemampuan mengambil gambar.

5. Belajar Teknik Videografi

Misalnya saja, jika Anda belajar teknik videografi secara otodidak, maka sebaiknya hasil karya video diperlihatkan pada rekan yang berlatar belakang keilmuan seperti desain komunikasi visual atau videografi.

6. Pastikan Kualitas Kamera Baik

Kamera yang baik akan bisa bekerja lebih optimal dibandingkan kamera yang kualitasnya kurang. Nah, dalam membuat sebuah video inovasi desa, kualitas kamera hal penting yang harus diperhatikan.

Jangan sampai gambar-gambar yang termuat dalam video hasil capturing terlihat kabur atau buram. 

7. Editing Video

Editing video bisa dilakukan dengan beberapa program yang sesuai dengan kemampuan masing-masing. Ada banyak aplikasi yang dapat dipergunakan dalam proses edit sebuah video inovasi desa.

Ada banyak software pengeditan video yang dapat digunakan untuk edting video iovasi desa, seperti Adobe Premiere Pro, Wondershare Filmora, iMovie dan Final Cut Pro (untuk Mac), Sony Vegas, dan lain sebagainya.

Aplikasi Adobe Premiere Pro, Final Cut Pro dan Wondershare Filmora Pro merupakan aplikasi penyunting video terbaik yang banyak dipergunakan oleh para editor profesional saat ini.

Melalui aplikasi tersebut, Anda dapat menggabungkan, memotong, menambahkan, dan memberi efek – efek sesuai dengan keinginan.

Semoga tips membuat video inovasi desa berkwalitas ini dapat membantu teman-teman Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID). Terus Bergerak, Salam Inovasi Desa

Artikel Berdesa Lainnya


EmoticonEmoticon