22 September 2015

Kepala Desa di Aceh Barat Diharapkan Aspiratif

GampongRT - Para kepala desa di Kabupaten Aceh Barat diharapkan aspiratif terhadap saran dan kebijakan dalam rencana pembangunan 322 gampong (desa) wilayah itu.

Bupati Aceh Barat H T Alaidinsyah di Meulaboh, Senin mengatakan bahwa peran dari pemerintahan gampong merupakan kunci suksesnya pembangunan tingkat kabupaten apabila dilaksanakan secara terintegrasi.

"Karena itu agar adanya sinergisitas antara program pembangunan gampong dan pemkab, rumuskan semua kebijakan sesuai aspirasi masyarakat, dan lakukan secara transparan dan akuntabel," katanya.

Pernyataan tersebut disampaikan disela-sela pelantikan dua Geuchik (kades) di wilayah Kecamatan Johan Pahlawan yakni Gampong Suak Nie dan Lapang yang merupakan gampong terletak di kawasan kota Meulaboh.

Alaidinsyah menyampaikan, pelantikan tersebut diharapkan menjadi momentum penting bagi kedua geuchik baru itu untuk mengsinergikan pemerintahan gampong dengan misi Pemerintah Kabupaten yakni bersih, transparan dan akuntabel melalui penyelengaraan pemerintahan yang aspiratif dan partisipatif.

Terlebih lagi kata Alaidinsyah, letak geografis kedua gampong tersebut berada di jantung ibu kota Kabupaten Aceh Barat dan masyarakatnya sangat hitrogen dari berbagai latar belakang profesi dan pendidikan.

"Maka dari itu geuchik harus lebih bijak dan jeli melihat persoalan masyarakatnya, karena gampong berada di ibu kota biasanya menjadi contoh dan pantauan bagi gampong-gampong lain," imbuhnya.

Lebih lanjut dikatakan, perlu diingat kepada seluruh geuchik dalam proses administrasi untuk lebih berhati-hati terutama sekali menyangkut surat tanah yang sering ditemukan berujung masalah.

Selain itu Alaidinsyah berpesan terhadap pelaksanaan qanun reusam gampong (hukum adat) terutama mengenai reusam syariat Islam, kemudian pembentukan majelis taklim, wirid yasin, dalail khairat, samadiah, memakmurkan masjid dan sholat berjamaah lima waktu.

Menyangkut pengelolaan anggaran dana desa (ADD) diharapkan dapat dikelola sesuai peraturan kemudian setiap mengambil kebijakan harus melakukan koordinasi dengan aparatur gampong dan camat.

"Dengan melaksanakan apa yang kami sampaikan ini, kami yakin kehidupan bermasyarakat dan pembangunan gampong dapat lebih baik di Kecamatan Johan Pahlawan," katanya menambahkan.

Sumber: antaranews.com | Foto: diliputnews.com

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon