8 Februari 2016

Google, Turut Benahi Digital Ekonomi Indonesia

Tags

source google/ilustrasi
Indonesia berambisi menjadi negara ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2020. Sektor ini diyakini akan menjadi salah satu tulang punggung ekonomi di masa depan. 

Tingkat penggunaan internet yang terus meningkat memungkinkan masyarakat untuk saling terhubung dan menciptakan peluang ekonomi baru. Menteri Keuangan RI, Bambang Brodjonegoro menyatakan jika potensi penerimaan negara dari e-commerce sebenarnya cukup besar.

Beberapa waktu lalu Presiden Joko Widodo melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika meminta Google, brand internet ternama dunia, untuk membantu memajukan ekonomi digital nasional. Bukan hanya dari sisi aplikasi dan jaringan,namun juga dari sisi peralatan komunikasi. 

Lalu bagaimana Google memandang kerja sama ini? Dilansir dari Media Keuangan, berikut petikan wawancara dengan Shinto Nugroho, Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah Google Indonesia.

Seperti apa best practices digital ekonomi di negara lain? 

Di masing-masing negara tentu berbeda. Sebenarnya, hal yang paling penting adalah menguatkan ekosistem digital, seperti pelaku e-commerce dan bisnis kecil. Selain itu, konektivitas dan kesadaran mengenai manfaat internet juga akan mendorong pertumbuhan ekonomi secara menyeluruh.

Para pengembang (developers) juga perlu berbagi pemikiran mengenai hal-hal yang berhasil dan yang tidak. Google memiliki keduanya, yakni Google Business Groups (GBG) dan Google Developers Group (GDG).

GBG merupakan wadah ide-ide yang dapat diuji dan dibagikan dengan pemilik bisnis lain, sementara GDG adalah wadah para pengembang untuk berbagi ide di kota tempat tinggal mereka.


Hal lain yang tak kalah penting adalah memupuk inovasi untuk memecahkan persoalan di tingkat lokal maupun global. Misalnya saja menguasai bahasa lain. Apabila fokus Anda adalah pasar global, maka sebaiknya membuat situs web, aplikasi, atau game dengan bahasa Inggris. 

Tahun lalu, Deloitte Access Economics menyampaikan bahwa ekonomi digital akan memainkan peran vital dalam memaksimalkan potensi ekonomi Indonesia. Bisnis kecil yang ikut serta dalam ekonomi digital juga berpeluang meningkatkan pendapatan, lebih inovatif, serta lebih bersaing di ASEAN Economic Community.

Selanjutnya, Bagaimana Google membantu ekonomi digital Indonesia?

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon