24 Desember 2014

Intensitas Hujan Tinggi : Kawasan Lhok Kliet dan Cot Rinyeun Lonsor

GampongRT - Hujan deras yang berlangsung dalam beberapa hari ini telah menyebabkan banjir dan lonsor disejumlah daerah di provinsi Aceh.

Di kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara, banjir terjadi di kawasan gampong Krueng Haji dan Paya Rabo dengan ketinggian air mencapai 30 cm sampai 40 meter. Menurut informasi yang dihimpun dari berbagai sumber, sampai saat ini belum ada yang mengungsi.

Intensitas hujan yang tinggi selain menyebabkan banjir juga telah menyebabkan lonsor dibeberapa titik di kawasan kecamatan Sawang. Seperti, lonsor terjadi di gampong Babah Krueng, tepatnya disekitar Lhok Kliet.

Lonsor Cot Pacok sempat menyebabkan arus transportasi dari kedua arah terhenti, karena badan jalan utama menuju pusat kecamatan tertutup oleh tanah. 

Menurut informasi, timbunan lonsor yang menutupi badan jalan utama kecamatan Sawang tersebut telah dibersihkan oleh Aparat TNI dari Koramil Kecamatan Sawang dan sekarang kondisi jalan sudah bisa dilewati.

Menurut keterangan Keuchik Riseh Tunong, tadi sore lonsor juga terjadi di jalan Riseh-Sawang tepatnya dikawasan Cot Rinyeuen dan kemungkinan jalannya sudah ada yang terputus, Rabu, 23/12/2014.

Buchari juga menjelaskan, sampai saat ini Krueng Riseh masih aman, belum ada luapan air dari Krueng Riseh meskipun intensitas hujan tinggi. Namun kita tetap waspada dan berdoa tidak terjadi luapan air sugai, harapanya.

Artikel Terkait

Media Informasi dan Edukasi Berdesa


EmoticonEmoticon