17 November 2014

Gampong Riseh Tunong Resmi Miliki Domain Desa.id

GampongRT - Sejak gong era digital dimulai, manusia telah dapat berkomunikasi jarak jauh dalam waktu yang sangat singkat. Zaman sekarang, dalam hitungan menit, seseorang dapat mengirim foto, video dan dokumen keseluruh pelosok dunia dengan sangat mudah. 

Di era digital manusia sudah dapat melakukan komunikasi interaktif tanpa sekat dan dapat melakukan feedback atau membalas sebuah pesan secara cepat selama terkoneksi dengan internet. 

Kehadiran media-media sosial seperti facebook, twitter, google plus, instagram, dll dapat membantu manusia menjalin silaturrahmi antar manusia diseluruh dunia bahkan dapat mempertemukan kembali dengan sahabat yang lama berpisah.

Di Indonesia perkembangan era digital sudah menyebar hingga kepelosok desa. Bagi desa-desa yang memiliki sumber daya manusia (SDM) keberadaan internet di apresiasi untuk kegiatan-kegiatan yang positif. Beragam informasi dan potensi desa sudah sangat mudah di publikasi ke dunia maya melalui berbagai situs di internet. 

Sehingga era digital disebut generasi ke empat dalam sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dunia, setelah melewati tiga era sebelumnya yaitu era komunikasi tulisan, era komunikasi cetak, dan era komunikasi telekomunikasi.

Mudahnya akses internet di era digital, hampir seluruh desa di Indonesia memiliki website sendiri yang dikelola secara mandiri. Kebanyak platform yang digunakan untuk website desa adalah WordPress dan Blogspot, karena kedua platform ini memenuhi standar web, memiliki fitur premium maupun gratis dan kaya fitur baru sehingga banyak dipergunakan di seluruh dunia. 

Untuk web desa yang menggunakan platform blogspot gratis sangat mudah diketahui, contoh seperti http://gampongrisehtunong.blogspot.com/ dan untuk desa yang sudah memiliki domai desa.id dapat melakukan setelan, sehingga website akan terlihat seperti www.gampongrisehtunong.desa.id

Untuk mendapatkan domain desa.id tidak sulit. Tinggal menyiapkan 2 dokumen sebagai persyaratan, yaitu Surat Permohonan Desa dan KTP Pendaftar. 

Pada awal diluncurkan domain desa.id gratis, namun sejak 1 Oktober 2014 program gratis ini telah dihentikan untuk sementara, menunggu MoU Gerakan Desa Membangun dengan PANDI dan registar. Namun demikian, layanan registrasi desa.id tetap dapat dilakukan melalui situs penjualan atau reseller domain dengan biaya Rp 60.000 per tahun.

Di Indonesia, animo desa menggunakan domain desa.id semakin tinggi di Indonesia, termasuk di Provinsi Aceh. Dengan semangat kecintaan pada produk lokal, secara meuripe-ripe (patungan) sekarang gampong Riseh Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara, resmi memiliki domain desa.id.

Direncanakan website gampong dengan alamat http://gampongrisehtunong.desa.id/ akan di launching pada tanggal 4 Desember 2014.

Artikel Terkait