19 Mei 2015

Petuah dari Desa

Tiap tahun jutaan angkatan kerja baru lahir di Indonesia. Dapat dipastikan hampir 70 persen dari mereka ngejar-ngejar untuk menjadi abdi negara (PNS). "Seolah-olah kalau tidak menjadi PNS, tak sahlah bersekolah atau berkuliah." Padahal hakekat bersekolah atau berkuliah adalah untuk belajar, bukan harus menjadi PNS.
Petani membajak sawah dengan kerbau

Jangan hanya bertumpuk mencari pekerjaan kantoran, saatnya membuka lapangan pekerjaan dengan menjadi wirausaha. Dengan makin banyak yang berwirausaha, kesejahteraan masyarakat pun akan bangkit. 

Ekonomi tidak selamanya abadi ditangan satu orang, pergeseran akan senantiasa terjadi. Diprediksikan ekonomi Indonesia pada suatu saat akan dipegang oleh generasi muda-mudi yang kreatif, ulet dan kerja keras. 

Kesempatan jarang datang kedua kali, gunakan hidup ini dengan sebaik-baiknya. Menyerah sebelum sukses bukanlah solusi, justru membuat kita tidak bisa berkembang. Sebelum terlambat, mari bergerak.!

Mengadu nasib di perantaun atau merantau, demi mendapatkan kehidupan yang layak, kadang-kadang tak semua bernasib baik, dan  tidak semua orang bisa bertahan. Buktinya, banyak orang setelah berjuang diperantauan harus kembali juga ke kampung halaman, ada yang pulang tanpa bekal apa-apa.

Jangan lagi kerantau, kalau tak punya bekal yang cukup. Saatnya anak-anak muda desa mengurus ladang kebun. Semuanya belum terlambat, yang terlambat kalau kita tidak mencoba untuk bangkit. Apalagi kedepan akan banyak dana terjun kedesa, pinjaman modal dapat di akses melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). 

Penting untuk dirubah, modal kerja digunakan untuk buka usaha. Karena kebiasaan orang-orang kita, setelah dapat modal kerja, modalnya digunakan untuk beli HP baru, TV baru, dan motor baru. Inilah petuah dari desa, sekedar mengingatkan kita semua.

Itulah salah satu sebab, sehingga persoalan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat desa, tidak berujung nasib baik. "Disamping pemerintah kita, terkadang bermata satu dan berhati sebelah dalam membangun desa". 

Tapi kedepan, bakal banyak pelatihan-pelatihan wirausaha masuk desa. Momentun ini harus benar-benar dipergunakan untuk menumbuhkan semangat wirausaha di desa. 

PNS adalah pelayan bagi masyarakat, abdi bangsa dan negara. Buktikan kerjamu untuk rakyat, jangan hanya duduk santai tiap bulan terima gaji. Maaf kalau ada yang tersinggung.! (Min)

Artikel Terkait

Media Informasi dan Edukasi Berdesa


EmoticonEmoticon