9 Juni 2015

Harus Tahu, Perbedaan Perang Saudara dan Perang Dunia

Mungkin kita belum lupa? Beberapa abat yang silam, Aristotle memprediksikan bahwa perang lebih mudah terjadi dari pada perdamaian. Perang tidak hanya buatan manusia, tetapi juga hasil olah pikir dan kerja manusia. 

“Karena perang adalah buatan manusia, hasil olah pikir manusia dan kerja manusia.” Dari konflik-konflik kemudian memicu benih-benih kekerasan dan menimbulkan peperangan yang berujung pada kehancuran.


Bila konflik salah disingkapi akan berpotensi melahirkan kekacauan yang berakibat fatal bagi keselamatan manusia di muka bumi. Sebagai manusia kita harus tahu perbedaan perang saudara dengan perang dunia yang sering kita dengar dan baca. Berikut penjelasan ilmu pengetahuan dikutip amazine.co.


Ilustrasi: amazine.co

Perang Saudara vs Perang Dunia

Pada dasarnya, perbedaan antara perang saudara dan perang dunia terdapat pada batasan geografi di mana perang berlangsung.

Artinya, kita dapat mengatakan bahwa perang saudara adalah perang yang terjadi antara dua kelompok atau dua etnis atau lebih dalam satu negara. Sebaliknya, perang dunia adalah konflik antara beberapa negara.

Perang saudara tidak melampaui wilayah negara tertentu, tetapi, dalam perang dunia, setiap bagian dari dunia mungkin akan terpengaruh. Ketika melihat sejarah dunia, terdapat banyak perang saudara di negara yang berbeda tapi hanya ada dua perang dunia.

Apa itu Perang Saudara?

Perang saudara, seperti disebutkan di atas, adalah konflik yang timbul di dalam wilayah suatu negara. Perang saudara dapat terjadi karena berbagai alasan seperti masalah etnis, kesenjangan ekonomi, konflik agama, gejolak politik, dan banyak alasan lain.

Mengacu pada sejarah dunia, kita dapat menemukan banyak contoh perang saudara dari berbagai negara. Perang saudara dapat dimulai dengan perselisihan kecil untuk kemudian menyebar ke seluruh negeri dalam beberapa hari.

Perang saudara memiliki banyak efek negatif dalam struktur ekonomi, struktur politik, struktur sosial, dan hubungan antar warga. Satu atau beberapa pihak yang terlibat dalam perang saudara bisa mendapatkan dukungan dari negara-negara internasional lainnya.

Ketika suatu negara mengalami perang saudara, kondisi ini akan menguntungkan bagi negara-negara lain yang memproduksi senjata.

Apa itu Perang Dunia?

Ketika membahas perang dunia, terdapat dua perang dunia besar dalam sejarah yaitu Perang Dunia Pertama dan Perang Dunia Kedua.

Perang Dunia Pertama juga dikenal sebagai Perang Besar. Perang dunia adalah konflik antara negara-negara yang berbeda dan perang ini bisa menyebar ke berbagai belahan dunia.

Banyak negara mungkin terlibat dalam perang tersebut. Misalnya, Perang Dunia I berpusat di Eropa dan menyebabkan kematian jutaan orang serta membawa banyak perubahan di arena politik dan membuka jalan bagi banyak revolusi.

Perang dunia terjadi terutama akibat perbenturan politik dan isu-isu ekonomi.

Setelah kerusakan besar Perang Dunia II, negara-negara di seluruh dunia bersepakat mendirikan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) untuk mencegah perang di masa depan.

Apa Perbedaan antara Perang Saudara dan Perang Dunia?
Ketika melihat kedua situasi, terdapat beberapa kesamaan sekaligus perbedaan. Perang saudara dan perang dunia membuka jalan untuk perubahan struktural dan menyebabkan kerusakan pada properti dan korban manusia.

Keduanya mungkin terjadi karena perselisihan atas hal-hal tertentu dan ujungnya hanya menyebabkan banyak kerusakan.

• Ketika berpikir tentang perbedaan, perang saudara terjadi di dalam wilayah negara tertentu sedangkan perang dunia mungkin tidak memiliki batas.

• Perang saudara masih terjadi di beberapa negara di seluruh dunia, tetapi harapan umum warga dunia adalah bahwa tidak akan ada lagi perang dunia di masa depan.[]

Artikel Terkait