2 Juni 2015

Xie Bihua, Pria Berhati Mulia Menjadi Satu-Satunya Guru di Desanya

Inspirasi - Salah stau orang paling mulia dan paling menentukan kebaikan seorang anak selain orang tua adalah guru. Ya, guru merupakan seseorang yang tak hanya diharapkan mampu mendidik serta mengajarkan siswanya mengenai pelajaran sekolah saja tetapi guru juga diharapkan sebagai seseorang yang akan membawa perubahan lebih baik terhadap generasi mendatang.
 Agar lebih dekat dengan para siswa, Xie Bihua bermain bersama dengan para siswa.
Dilansir dari laman shanghaiist.com, seorang pria bernama Xie Bihua telah menjadi berita utama di media China. Pasalnya, ia adalah seorang pria yang berhati mulia dan mau mengabdi sebagai guru honorer di desanya.

Tak hanya itu saja, ia adalah satu-satunya guru yang mengajar di desanya selama 6 tahun terakhir. Ia juga merangkap sebagai kelapa sekolah serta mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan siswa-siswanya.

Sebelumnya, Xie telah mengajar di salah satu sekolah yang lebih baik dari sekolahnya sekarang. Tapi, karena melihat anak-anak di desanya berjalan terlalu jauh sampai di sekolah desa tetangga, ia memutuskan untuk keluar dari sekolah lama dan mendirikan sekolah baru di desa di kaki gunung Weining, Hui dan Miao, provinsi Guizhou, China.

Tak hanya mengajar siswa sekolah dasar, pria berhati mulia ini juga kerap kali membawakan makanan untuk para siswanya. Ia bersama sang istri kerap memasak makanan untuk anak-anak didiknya. Menurut para siswa, Xie adalah guru yang baik, ramah, cerdas dan penuh kesabaran.
Selain menyibukkan diri dengan menjadi guru, Xie juga menyibukkan diri dengan bercocok tanam.
Untuk mencapai sekolah, Xie mengendarai sepeda motor pribadinya. Agar para siswanya pulang dengan selamat ke rumah masing-masing, ia juga tak segan mengantar mereka hingga tiba di perkampungan. Selain menjadi guru, Xie kerap menyibukkan diri dengan bercocok tanam. Pria ini berharap bahwa orang berhati mulia lain yang akan membantunya mengajar di sekolah, atau setidaknya menggantikannya saat ia pensiun kelak.

Ladies, apa yang telah dilakukan Xie sungguh sangat mulia ya. Ia rela mengajar tanpa pamrih dan membantu anak-anak yang membutuhkan pendidikan secara maksimal tanpa harus jalan kaki dengan menempuh jarak yang sangat jauh.

Semoga akan ada orang-orang berhati mulia dan mengabdikan diri sebagai guru seperti yang Xie lakukan ya. :)

(sumber: vemale.com)

Artikel Terkait

Media Informasi dan Edukasi Berdesa


EmoticonEmoticon