29 Desember 2015

Bangun 100 Desa Inovasi, Kemristekdikti Siapkan Rp 30 M

GampongRT - Awal Januari 2016 mendatang, Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemristekdikti) bakal memulai program "Desa Inovasi" yang sudah dicanangkan sejak setahun lalu. Pada tahap awal, program tersebut akan menyasar 100 desa.

Dirjen Penguatan Inovasi Kemristekdikti, Jumain Appe mengatakan, melalui program ini, produktvitas warga di desa nantinya akan ditingkatkan melalui pemanfaatan teknologi.

"Desa Inovasi merupakan penerapan teknologi di pedesaan dalam rangka meningkatkan produktivitas masyarakatnya. Untuk tahap awal, kita sudah menyiapkan dana sebesar Rp 30 miliar untuk 100 desa," ujar Jumain Appe, di Jakarta, Senin (29/12).

Program Desa Inovasi juga menggandeng Kementerian Koperasi dan UKM untuk memastikan hasil produksi dari pemanfaatan teknologi tersebut bisa terjual. Demikian juga dengan Kementerian Desa karena konsep dari program Desa Inovasi adalah pengembangan dari ekonomi pedesaan.

"Untuk menjalankan program ini, kami juga akan bekerjasama dengan perguruan tinggi. Dananya akan diserahkan ke mereka karena mereka lah yang punya SDM dan teknologinya. Program ini bisa selaras dengan kegiatan KKN yang dilakukan mahasiswa, atau kegiatan pengabdian masyarakat," tambah Jumain.

100 Desa Inovasi di tahun 2016 menurutnya baru tahap awal. Selanjutnya program ini juga akan menyasar desa-desa lain hingga setidaknya terbentuk 1.000 Desa Inovasi.


Sumber: beritasatu

Artikel Terkait