9 Oktober 2019

Siapa Sosok Menteri Desa Periode 2019-2024?

Susunan kabinet jilid II Jokowi-Makruf Amin dalam 5 tahun mendatang akan segera di umumkan. Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi merupakan salah satu kementerian seksi yang bakal menjadi rebutan partai politik pengusung.

Sosok Menteri Desa Periode 2019-2024

Apakah Eko Putro Sandjojo, menteri desa sekarang yang akan dipilih kembali oleh Presiden Jokowi untuk memimpin Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi untuk 5 tahun yang akan datang. 

Atau sudah ada nama lain yang dipersiapkan untuk mengurusin pembangunan desa dan pemberdayaan masyarakat perdesaan. Tentunya, keputusan akhirnya ada dalam keputusan sang Presiden Jokowi nantinya.

Pun demikian, dalam sepekan terakhir ini sejumlah nama yang dianggap memiliki kompetensi dan kapabiltas untuk mengisi jabatan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi, memang sempat beredar di sejumlah media sosial. 

Sosok Menteri Desa Periode 2019-2014 yang dianggap memiliki kompetensi dan kapabilitas untuk mengurusin hajatan orang desa, yang yang dibicarakan di mensos antara lain seperti Abdul Kadir Karding, Prof Ahmad Erani Yustika, Nugroho Prasetyo, Eko Putro Sandjojo, Budiman Sudjatmiko, Achmad Muqowam, dan Marwan Jafar. 

Dari sejumlah nama yang beredar tersebut masih di dominasi calon dari partai politik. Pun demikian, terlepas dari semua desas desus politik yang ada, penentuan menteri desa periode 2019 - 2024 sepenuhnya merupakan kewenangan preogratif Presiden.

Artikel Berdesa Lainnya


EmoticonEmoticon