3 Oktober 2014

Khasiat Buah Nona untuk Kesehatan Manusia



Image: google
#InfoSehat: Sehat itu murah, tapi banyak orang yang mengabaikannya. Padahal untuk menjaga aktivitas hari-hari tetap lancar dan bugar, tidak harus dengan selalu mengkonsumsi obat kuat terbitan pabrik. Karena di alam ini, banyak obat alami yang berasal dari tumbuhan atau tanaman yang berguna bagi kesehatan manusia, seperti tanaman Sirsak.

Dalam bahasa latin, tanaman Sirsak bernama Anona muricata Linn. Selain duannya yang berkhasiat untuk kesehatan manusia (baca: Khasiat Daun Sirsak). Buah Sirsak juga sangat berguna untuk kesehatan tubuh. Buah Sirsak berasal dari Amerika (sekitar Peru, Meksiko dan Argentina). Di Indonesia nama Sirsak berasal dari bahasa Belanda, yaitu ZuurZak yang artinya kantong yang rasanya asam. 

Di beberapa daerah di Indonesia, tanaman Sirsak memiliki nama yang berbeda. Seperti dikalangan masyarakat Aceh, nama Buah Sirsak bermacam-macam sebutannya, ada yang menyebut dengan nama; Boh Notna, Boh Nona, dan Boh Drien Belanda. Tanaman Sirsak tumbuh di perkarangan rumah dan kebun-kebun masyarakat, terutama di daerah perdalaman (desa/gampong). 

Buah Sirsak sangat terkenal di kalangan masyarakat Indonesia, khusunya masyarakat Aceh, selain karena rasanya yang enak. Buah Sirsak juga memiliki testur yang unik yakni asam-manis. Perpaduan dua rasa, asam-manis sehingga banyak masyarakat yang menggemarinya.

Tanaman Sirsak juga memiliki khasiat bagi kesehatan manusia, baik duan maupun buahnya. Berikut ulasan khasiat buah dan daun Sirsak (Aceh: Boh nona/notna/boh drien belanda) bagi kesehatan tubuh.

Manfaat Duan Sirsak

Beberapa penelitian mengatakan bahwa daun Sirsak memiliki 100 kali kemoterapi (Kemo), untuk melawan penyakit seperti kanker, tumor atau jenis karsinogenik. Dalam dunia medis, kemonterapi adalah upaya untuk membunuh sel-sel kanker dengan mengganggu fungsi reproduksi sel. Manfaat kemontrapi yakni untuk menurunkan ukuran kanker sebelum operasi atau untuk merusak sel-sel kanker yang tertinggal setelah operasi. Daun Sirsak juga sangat manjur untuk mengobati penyakit Asma dan Asam Urat.

Untuk mengobati penyakit kanker, asma, dan asam urat. Cara meramunya sangat mudah. Anda tinggal petik daun Sirsak sebanyak 9-12 lembar yang masih hijau tua, cuci sampai bersih, daunnya dipotong-potong sampai keluar sarinya. Daun yang sudah dipotong, kemudian direbus dengan dua gelas air sampai mendidih. Air hasil rebusan, diminum setiap pagi dan malam hari. (pada malam hari sebaiknya, diminum menjelang tidur).

Manfaat Buah Sirsak untuk Kesehatan, dari berbagai sumber.

Mencegah Kanker
Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak. Zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker, seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi.

Melancarkan buang air kecil
Jus buah sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika Anda mengalami rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu juga dapat megatasi haematuria yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.

Menjaga Kesehatan Tulang
Selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lain yakni tembaga, yang membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

Meningkatkan Energi
Jika Anda merasa tak bergairah, cobalah mengonsumsi buah sirsak. Selain aroma segar yang bisa membuat mood Anda kembali bergairah, buah sirsak juga mengadung thiamin yang berguna untuk meningkatkan energi Anda.

Meredakan Migrain
Buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2 yang dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain.

Mencegah Anemia
Kandungan zat besi dalam buah sirsak juga dipercaya efektif meredakan gejala anemia yang bisa menyerang kapan saja.

Manfaat Biji Buah Sirsak
Tahukah Anda, Ladies, bahwa tidak hanya daging, biji buah sirsak pun berguna untuk menjaga kesehatan Anda? Biji sirsak ternyata mengandung zat emesis yang dapat digunakan untuk mengurangi mual dan muntah.

Semoga bermanfaat. Ingatlah, bahwa semua Ciptaan Allah, ada faedah dan manfaatnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon