12 November 2014

Kementerian Desa Siapkan Rp9,2 Triliun untuk Semua Desa

GampongRT - Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kementerian Desa) menyiapkan dana sebesar Rp9,2 triliun untuk disalurkan ke sejumlah desa pada 2015 mendatang.

Dana tersebut merupakan implementasi dari penyaluran dana desa sebesar Rp1,4 miliar per desa, yang akan diberikan secara bertahap. "Tahun depan baru terkumpul dana Rp9,2 triliun untuk pembangunan desa. 

Untuk mencapai Rp1,4 miliar per desa, akan kita lakukan bertahap selama lima tahun," sebut Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Marwan Jafar, usai rapat kerja Kementerian Desa, di Jakarta, Selasa (11/11/2014)

Marwan menjelaskan bahwa besaran dana desa diambil dari 10% dana perimbangan daerah yang ditransfer oleh pusat ke daerah. Proses alur penyaluran ke desa, lanjut Marwan, dari APBN ke APBD kemudian disalurkan ke kas desa, dilansir dari metrotvnews.

Terkait penyaluran dana yang cukup besar ke desa-desa tersebut, Marwan mengatakan perlu dilakukan pelatihan terkait pembuatan laporan keuangan yang tepercaya oleh aparat desa.

Di samping itu, pihaknya juga akan memberikan tenaga pendamping guna memperkuat kapasitas kelembagaan dan aparatur desa.

Sebelumnya Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertiggal dan Transmigrasi, Marwan Jafar menyatakan bahwa kementerian yang dipimpinnya menargetkan untuk mengunjungi semua desa yang ada di seluruh Indonesia khususnya wilayah tertinggal untuk dapat melihat seperti apa kondisi sosialnya.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon