9 Jul 2014

Prabowo-Hatta Unggul di Gampong Markas GAM

GampongRT - Hasil perhitungan suara sementara pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PILPRES) Prabowo-Hatta unggul di TPS-48 Dusun Lambayong Gampong Riseh Tunong Kecamatan Sawang Kabupaten Aceh Utara.

Ketua KPPS Dusun Lambayong Gampong Riseh Tunong, Rafli menyebutkan, berdasarkan hasil perhitungan suara di TPS 48 pasangan Prabowo-Hatta meraih 160 suara. Sedangkan Jokowi-Kalla meraih 58 suara dari jumlah suara sah 221 suara.


Jumlah warga dusun Lambayong Gampong Riseh Tunong yang memberikan hak pilih pada pilpres tahun 2014 sebanyak 231 suara. Dimana suara sah 221 suara dan suara 13 suara tidak sah atau rusak. 

Sementara itu Geuchik Gampong Riseh Tunong Buchari H. Budiman menyebutkan, jumlah pemilih di gampong Riseh Tunong sebanyak 1.565 orang. Pemilih laki-laki 784 orang dan perempuan 781 orang.


Sedangkan jumlah TPS di gampong Riseh Tunong sebanyak 4 TPS. Riseh Tunong terdiri dari 6 dusun yaitu dusun Blang Rantau, dusun Cot Calang, dusun Damar Bulan, dusun Lhok Drien Barat (Padang Sakti), dusun Lhok Baro dan dusun Lambayong, "sebutnya. 

Dalam sejarah konflik Aceh, kecamatan Sawang Aceh Utara dikenal sebagai salah satu basis pejuang Gerakan Aceh Merdeka (GAM). Pada masa darurat militer, kecamatan Sawang masuk dalam wilayah paling hitam dalam peta operasi militer (TNI/Polri).


Salah satu gampong yang menjadi target operasi TNI/Polri adalah gampong Riseh Tunong. Karena sejumlah petinggi TNA (Tentara Nasional Aceh) bermarkas di wilayah ini. Antara lain; Panglima GAM Muzakir Manaf (Wakil Gubernur Aceh sekarang), Jurubicara ASNLF Sofyan Dawood, dan lain-lain. 


Konflik di Aceh sudah berakhir. Pilpres sudah terlaksana dengan damai dan tinggal menunggu hasil pengumuman resmi dari KPU. Apakah yang menang nantinya Prabowo-Hatta atau Jokowi-Jusuf Kallah (JK). 


Yang harus dilakukan oleh Pemerintah bersama rakyat Aceh adalah membangun Aceh dari gampong menuju kesejahteraan rakyat Aceh.(GRT)

Artikel Terkait