26 Oktober 2014

Cerita Keangkeran Gua Rimung dan Kisah Pistol

Desa ini bukan gampong wisata. Tetapi bagi Anda yang menyenangi alam atau tempat-tempat angker, tidak salahnya kalau Anda menyempatkan diri berkunjung ke desa ini, minimal sekedar untuk melihat-lihat panorama alam dan indahnya krueng sawang.  

Berikut dua tempat yang sangat angker di gampong Riseh Tunong kecamatan Sawang kabupaten Aceh Utara. 

Leubok Lhok Payang

Kalau Anda ke leubok lhok payang, mendengar suara air mengalir saja, sudah membuat bulu-bulu kita merinding. Apalagi kalau di malam hari, bermacam irama terdengar di seputar leubok ini. Seakan-akan membawa kita kezaman 100 tahun kebelakang. (Leubok adalah lebuk yang ada di sugai)

Samsun, seorang warga setempat bercerita. Ia pernah melihat 7 orang raksasa besar berjalan keatas leubok ini. "Saya tidak tau, makluk apa itu". Setelah kejadian tersebut, saya sudah jarang mandi ke leubok itu, "ujarnya.

Keangkeran leubok lhok payang, bukan hanya dongeng. Di tempat ini, pernah terjatuh pistol milik TNI saat menyeberangi leuboh lhok payang, sepulang dari operasi pengejaran Gerakan Aceh Mardeka (GAM) dari wilayah Paya Reubek. 

Menurut keterangan dari komandan TNI yang memimpin operasi kala itu, "pisto menghilang begitu saja dari pinggangnya". Sudah seminggu masyarakat bersama TNI mencari jejak sang pistol di leubok itu, hasilnya nihil. 

Pada minggu kedua, para dukun peramal pun didatangkan, entah dari mana-mana. Ramalan sang dukun pada pistol pun aneh-aneh saja. Dukun yang satu meramal sang pistol sudah hanyut dibawa air sekitar 3 kilometer, ramalan dukun lain kalau pistol masih di dalam leubok lhok payang, dijaga oleh sang raksasa penghuni alam. 

Seingat saya, ada seorang dukun yang paling aneh saat itu, dukun yang satu ini tidak boleh tersentuh air dan mendengarkan adzan. Ramalannya pun ngawur (si uroe lhe geu leuho). Hampir saja seorang prajurit TNI melemparkan sang dukun itu dalam jurang. "Tapi karena dukun kiriman atasan, mau tidak mau harus dijaga". 

Masyarakat bersama TNI, saat itu semua hampir pasrah dan lelah dalam mencari jejak sang pistol. Singkat cerita, sang pistol baru ditemukan setelah kedatangan seorang ulama, saya lupa nama ulama tersebut.

Leubok Lhok Jok

Tempat ini selain angker juga memiliki keunikan oleh sebuah gua bernama guha rimung. Dahulu, gua ini memiliki pajang sekitar 2000 meter, menghubung antara krueng lambayong dengan leubok lhok drie, krueng tuan dan begitulah cerita orang tua-tua dulu. 

Keberadaan gua ini seperti dongeng dimasa kecil. Tapi bila dilihat dari dekat, gua ini mirip terowongan di timur tengah. Sekarang mulut gua sudah tertutup lumpur, tak lagi bisa dilihat jelas.

Dongeng-dongeng masyarakat, di terowongan inilah "Jugi Tapa" mengakhiri hidupnya. Cerita ini kemudian diabadikan dalam sebuah karya yang populer dengan "Hikayat Jugi Tapa". 

Kalau Anda ingin menerawang Sawang, hal pertama yang melintas di pikiran Anda pasti tentang legenda tertua "Jugi Tapa" 

Selain cerita keangkeran Gua Rimung dan kisa pistol. Berikut beberapa tempat terangker lainnya yang berada di kawasan desa ini, diantaranya; 

Leubok lhok ujen, leubok sinteung, leubok lhok drien, krueng suwak awe, alue babak lueng, alue jugoe, cot meurinya, cot panglima, lhok sikabu, paya lintah, cot drien reutoh, cot bruek, dll.   

Artikel Terkait

Media Informasi dan Edukasi Berdesa


EmoticonEmoticon