14 Oktober 2014

Kumis Kucing Luruhkan Batu Ginjal

#Tips Sehat - Banyak cara mengatasi batu ginjal. Salah satu di antaranya adalah dengan memanfaatkan tanaman herbal yakni tanaman kumis kucing. Tanaman perkebunan ini memang telah lama dimanfaatkan banyak orang sebagai peluruh batu ginjal. Daun kumis kucing bersifat anti radang dan memperlancar air seni. Kandungan ortosifonin dan garam kalium, terutama daunnya, merupakan komponen utama yang membantu larutnya asam urat, fosfat, dan oksalat dalam tubuh manusia, terutama dalam kandung kemih, empedu, serta ginjal. Sehingga kandungan tersebut dapat mencegah dan mengatasi pengendapan batu ginjal.

Kalium pada kumis kucing juga berkhasiat diuretik atau memperlancar buang air kecil dan pelarut batu saluran kencing. Sedangkan kandungan sinensetin di dalamnya berkhasiat sebagai anti bakteri. Kandungan saponin dan tanin pada daun itu juga bisa mengobati keputihan.


Daun kumis kucing mengandung minyak atsiri, terdiri 60 jenis sesquiterpens dan fenolik. Tanaman ini juga mengandung saponin, flavanoid, minyak lemak, garam kalium, tanin dan beberapa senyawa lainnya. Senyawa senyawa inilah yang memberikan manfaat untuk kesehatan.


Untuk meluruhkan air kencing, caranya ambil daun kumis kucing yang masih segar atau telah dikeringkan sebanyak kira-kira ¼ genggaman tangan. Selanjutnya daun direbus dengan segelas air hingga menyusut menjadi seperdua gelas. Selanjutnya saring dan minum air tersebut. Untuk hasil maksimal, minum di pagi dan sore hari masing-masing ½ gelas.


Untuk mendapatkan manfaat kumis kucing dalam melenyapkan kencing batu, silahkan ambil daun kumis kucing sebanyak kira-kira 90 gram. Sebelum digunakan, daun harus dicuci bersih. Setelah itu, rebus di dalam air sebanyak 1 liter.


Tunggu hingga mendidih dan susut menjadi kira-kira 750cc. Angkat dan dinginkan. Selanjutnya saring dan minum sebanyak 3 kali per harinya dengan jumlah 250cc di pagi, siang dan malam hari.


Jika Anda mengalami rasa nyeri saat buang air kecil, boleh menggunakan kumis kucing. Sebab ia juga bermanfaat melancarkan saluran kandungan kemih yang bermasalah. Caranya cukup mudah, seduh daun kumis kucing yang telah kering layaknya teh, dan minum setiap pagi. Madu atau gula aren dapat ditambah agar lebih nyaman di lidah Anda.


Altenatif lain bisa juga dengan cara menyediakan 20 lembar daun kumis kucing ditambah dengan dua gelas air bersih. Selanjutnya masukkan air dan kumis kucing tadi ke dalam panci dan rebus sampai sekitar tersisa 1 gelas saja. Setelah itu rebusan itu dapat diminum dua hingga tiga kali setiap harinya. 


Source

Artikel Terkait

Media Informasi dan Edukasi Berdesa


EmoticonEmoticon