13 Mei 2015

Kaum Pria: Hati-hati Mengocok Telur Tidak Sehat

#TipsSehat - Secara kasat mata, memang kita tidak sulit membedakan yang mana telur ayam asli dengan telur palsu. Walaupun kelihatannya mudah, belum tentu semua orang paham caranya. "Apalagi tidak semua telur yang beredar dipasar dapat dijamin telur sehat." 

Mungkin kita masih ingat, kasus penemuan telur palsu di negeri China, mereka berasil merekayasa telur tanpa bantuan ayam, bebek atau itik. Telur ayam palsu dibuat dengan menggunakan bahan-bahan kimia, yang tentunya sangat berbahaya bagi kesehatan.

Sehingga China dianggap telah berasil mengusik pertanyaan tentang siapa "duluan ayam atau telur?". Untuk berjaga-jaga, agar keluarga kita tidak mengkonsumsi telur busuk dan palsu. Kita dapat mengetes atau menguji keaslian telur. Berikut cara membedakan telur busuk dengan telur baik. 

Ciri-ciri telur baik dan busuk
  1. Telur yang segar permukaannya tampak seakan-akan kasar, telur yang sudah mulai rusak tampaknya berkilat.
  2. Telur yang masih segar/baik akan terbenam dalam air garam, sedangkan telur yang sudah busuk akan melayang di dalam air garam.
  3. Telur yang baik bila disinari dengan cahaya dalam ruangan yang gelap, bagian putinya tampak jernih dengan kilau kemerah-merahan. Telur yang sudah busuk, jika disinar tidak akan tembus dan kilaun kemerah-merahan tidak akan nampak. 
Tiga cara diatas, dapat dikatakan bahwa telur tersebut sudah memenuhi syarat untuk dikonsumsi, baik secara mentah maupun dengan cara dimasak, direbus atau dikocok. "Sangat tergantung kepada kebutuhan dan selera masing-masing."

Telur yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi dalam keadaan mentah, yaitu telur yang mengandung bakteri Salmonella. Khususnya bagi orang yang mengalami resiko tinggi seperti wanita hamil, orang lanjut usia, dan anak-anak. 

Telur yang mengandung bakteri Salmonella, sebainya dimakan setelah dimasak terlebih dahulu hingga matang.

Untuk Anda yang suka mengocok telur atau telur kocok, harus berhati-hati. Jangan sampai mengocok telur yang tertular bakteri. Alih-alih untuk mendapatkan gizi sehat, yang datang malah penyakit.

Telur banyak manfaatnya bagi kesehatan. Bagi pria, telur sangat berguna untuk pembentukan kualitas dan kuantitas sperma, dalam satu butir telur dapat menghasilkan 10% dari total kebutuhan tubuh terhadap selenium. 

Maka tak heran, jika kaum pria suka mengocok telur, terutama telur ayam kampung. Untuk mengetahui khasiat dan manfaat telur dapat dibaca di website www.polatani.com.[admin)

Artikel Terkait