9 Oktober 2015

Ekonomi Desa Bangkit, Dana Desa Harus Kurangi Tenaga Mesin

Presiden Joko Widodo mengatakan, dana desa dapat memacu pertumbuhan ekonomi yang direncanakan oleh masyarakat dan dikelola langsung oleh masyarakat serta digunakan untuk masyarakat.

Presiden menyarankan kepada masyarakat setempat bisa mendayagunakan seluruh sumber daya alam secara optimal dan dijual untuk rakyat serta digunakan untuk rakyat juga, katanya saat meninjau program padat karya di kabupaten Padangpariaman, Sumatera Barat, yang pembiayaannya bersumber dari Dana Desa.

"Prinsipnya sumber daya yang kita miliki dari rakyat dan digunakan untuk rakyat juga," kata dia.

Apa itu Program Padat Karya

Menurut wikipedia, Padat karya merupakan kegiatan pembangunan proyek yang lebih banyak menggunakan tenaga manusia jika dibandingkan dengan tenaga mesin. Tujuan utama dari program padat karya adalah untuk membuka lapangan kerja bagi keluarga - keluarga miskin atau kurang mampu yang mengalami kehilangan penghasilan atau pekerjaan tetap.

Dalam mendorong pembangunan pemerintah harus lebih mementingkan proyek-proyek padat karya agar kegiatan tersebut dapat mendorong kepentingan golongan ekonomi rendah.

Dalam kontek pembangunan desa dan percepatan perekonomian desa, serta membangkitkan ekonomi di kawasan perdesaan, pengelola Dana Desa harus mengakomodir perlibatan warga dalam setiap pembangunan dan mengurangi penggunaan tenaga mesin.  

Regulasi Baru, Desa Baru

Dalam buku regulasi baru, desa baru disebutkan, desa kuat dan desa mandiri, keduanya menjadi visi-misi UU Desa. Di dalam desa kuat dan desa mandiri terkandung prakarsa lokal, kapasitas, bahkan pada titik tertinggi adalah desa yang berdaulat secara politik. 

Konsep desa kuat senantiasa diletakkan dalam satu tarikan nafas dengan daerah kuat dan negara kuat. Negara kuat bukan berarti mempunyai struktur yang besar dan berkuasa secara dominan terhadap semua aspek kehidupan.

Negara kuat adalah impian umat manusia, kecuali manusia yang membela ideologi anti negara. [dbs)

Artikel Terkait

Media Informasi dan Edukasi Berdesa


EmoticonEmoticon