16 Oktober 2015

Pantau Jadwal: Pelaksanaan Seleksi Pendamping Desa Provinsi Aceh

GampongRT - Kementerian Desa terus berusaha agar pendamping desa bisa segera bekerja dan membantu aparatur pemeritahan desa. "Dana Desa harus dipergunakan dengan sebaik-baiknya dan penggunaanya harus dapat memacu pembangunan dan kesejahteraan masyarakat di desa".

Menurut Menteri Desa, salah satu tugas pendamping desa yaitu memastikan penggunaan Dana Desa digunakan tepat sasaran. Sebelumnya, KPK telah mengingatkan para kepala Desa agar tidak menyelewengkan penggunaan Dana Desa.

Kapan Jadwal Tes Ujian Seleksi Pendamping Desa di Aceh..?

Jadwal resmi tes ujian seleksi pendamping desa/gampong di Aceh, sampai saat ini memang belum ada informasi resmi baik di website kementerian desa maupun di situs Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) Aceh. 

Namun informasi yang beredar; "kalau daftar nama-nama calon tenaga pendamping desa yang lulus verifikasi administrasi oleh kemendesa sudah dikirim ke provinsi dan ke masing-masing kab/kota".

Seperti informasi yang diperoleh dalam laman facebook P3MD Kabupaten Pidie, disebutkan bahwa jadwal pelaksanaan tes seleksi aktif tenaga ahli Pemberdayaan kabupaten, pendamping desa, dan Pendamping lokal desa/gamponng (PLD) Aceh 26 – 29 Oktober 2015.

Info dapat di lihat di satker provinsi dan media cetak lokal, tiga (3) hari dan atau dua (2) hari sebelum pelaksanaan ujian seleksi tersebut dan juga melalui pemanggilan peserta via telephone, yang diposting oleh fauziah mutiara bersumber dari kemendes.

Bagi tenaga pendamping desa di kabupaten/kota yang belum mendapatkan informasi tentang jadwal seleksi, kiranya terus memantau kapan jadwal resmi pelaksanaan Seleksi Pendamping Desa di Provinsi Aceh.

Yang pasti test seleksi tenaga pendamping desa pasti ada. Sebagaimana diumumkan sebelumnya, tenaga pendamping desa yang lulus administrasi akan mengikuti tiga ujian, yakni tes ujian tulis, tes kemampuan memimpin rapat/forum (FGD), dan tes wawancara. (Baca: Ujian Tes Pendamping Desa Segera Dilaksanakan).

Keterangan foto: Desa, Pelaksanaan seleksi TA dan PD di provinsi Kalsel (kemendesa)

Artikel Terkait

Media Informasi dan Edukasi Berdesa


EmoticonEmoticon