23 Oktober 2015

Pemkab Gorontaloe Minta Seluruh Desa Terapkan Program SiDeKa

GampongRT - Guna kepentingan Pembangunan desa dan kawasan perdesaan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gorontalo meminta seluruh desa untuk menerapkan program Sistem Informasi Desa dan Kawasan (SiDeKA).

SiDeKA merupakan program layanan informasi berbasis Informasi Teknologi (IT), dengan menggunakan jasa website yang memuat berbagai informasi terkait tata kelola sumber daya desa serta seluruh potensi di kawasan pedesaan.

"Saya minta seluruh aparat desa agar dapat menerapkan layanan informasi berbasis IT ini, guna kepentingan pembangunan di pedesaan," kata Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa (BMDES) Kabupaten Gorontalo Saiful Kiraman.

Hal tersebut penting dilakukan mengingat Ketertinggalan desa selama ini bukan hanya diakibatkan oleh persoalan infrastruktur, akan tetapi masalah yang paling mendasar adalah kurangnya akses informasi.

Akibatnya berbagai sumber daya desa dan potensi di desa tidak terinformasi secara luas sehingga berbagai proyeksi pengembangan kawasan pedesaan didasarkan pada kebutuhan masyarakat kurang terpenuhi.

"Berdasarkan hal tersebut maka setiap desa diwajibkan untuk membuka layanan informasi mlalui perangkat website untuk menginformasikan berbagai potensi dan sumber daya di masing-masing desa guna kebutuhan pembangunan," ujarnya.

Hal itu sesuai dengan UU Nomor 6 Tahun 2014 tentang Desa yang mengamanatkan adanya sistem informasi desa yang meliputi data Desa, data pembangunan desa, kawasan perdesaan, serta informasi lain yang berkaitan dengan Pembangunan kawasan perdesaan.

Saiful menjelaskan, pengelolaan SiDeKa ini harus dilakukan dengan melibatkan semua komponen di Desa, agar data yang terhimpun benar-benar mencerminkan keadaan desa yang sebenarnya.

Selain itu, pengelolaan sistem informasi bertujuan mempublikasikan secara luas, agar siapapun bisa mengakses dan mengetahui permasalahan yang sesungguhnya di desa.

Dengan demikian Penyebarluasan informasi ini menjadi bagian yang sangat penting dalam sistem informasi desa dan kawasan, mengingat tidak semua pihak pengambil kebijakan mengetahui permasalahan di tiap-tiap desa.

Sumber: antaragorontalo.com

Artikel Terkait

Media Informasi dan Edukasi Berdesa


EmoticonEmoticon