14 September 2016

Era Baru Ekonomi Desa Vs Konsep Desa Mandiri

Tags

INFODES - Sensus penduduk terakhir menunjukkan 54% orang Indonesia tinggal di perkotaan. Padahal potensi kemajuan Indonesia ada di desa. Dana desa disiapkan untuk membuat orang tertarik dalam mengembangkan desa. 

Acara Economic Challenges - Era Baru Ekonomi Desa dengan pembicara Menteri Desa, PDTT Eko P. Sanjoyo bersama pengamat CSIS DR Kristiadi dan Ketua Apindo Anton J. Supit. Acara ini pandu oleh Suryo pratomo, ditanyangkan Metro TV pada tanggal 13 September 2016. 

Dalam kesempatan yang lain, Dirjen PPMD Kemendes PDTT Prof Ahmad Erani Yustika menyebutkan bahwa Membangun Desa dalam konteks UU No 6 Tahun 2014 setidaknya mencakup upaya-upaya untuk mengembangkan keberdayaan dan pembangunan masyarakat Desa di bidang ekonomi, sosial dan kebudayaan. Konsep tersebut dikenal dengan istilah “Lumbung Ekonomi Desa, Lingkar Budaya Desa, dan Jaring Wira Desa”. 


Lendy W Wibowo dalam artikel Konsep Desa Mandiri menuliskan, bahwa Lumbung Ekonomi Desa tidak cukup hanya menyediakan basis dukungan finansial terhadap rakyat miskin, tetapi juga mendorong usaha ekonomi Desa dalam arti luas. Penciptaan kegiatan-kegiatan yang membuka akses produksi, distribusi, dan pasar (access to finance, access to production, access to distribution and access to market) bagi rakyat Desa dalam pengelolaan kolektif dan individu mesti berkembang dan berlanjut.[] 

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon