31 Oktober 2014

Walaupun Phet Tuloe: Oen Putek Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan

Oleh masyarakat Aceh daun pepaya disebut "Oen Putek". Daun ini telah digunakan oleh masyarakat Aceh secara turun temurun sebagai obat antimalaria. Pepaya adalah sejenis tumbuhan buah, dalam bahasa latin  bernama Carica papaya L.

Buah papaya sangat baik di konsumsi, selain rasanya yang enak juga kaya gizi. Oleh Christopher Columbus bahkan menjuluki buah yang satu ini sebagai “Fruit of the angels” atau buah para malaikat karena rasanya yang lezat dan khasiatnya yang luar biasa. 

Selain buahnya yang kaya nutrisi. Ternyata daun papaya juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan tubuh manusia. Walaupun daun papaya atau oen putek memiliki rasa "phet tuloe" (sangat pahit sekali). Namun daun ini sering dimanfaatkan sebagai lalapan dan bahan kuliner (masakan) dan juga dipergunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi berbagai gangguan kesehatan pada tubuh.

Beberapa penyakit yang bisa diobati dengan ramuan daun pepaya antara lain; Cacingan, Malnutrisi pada bayi, Demam Berdarah (DBD), dan Nyeri Haid pada ibu-ibu. Bahkan menurut penelitian terbaru daun pepaya juga mampu menghambat pertumbuhan Sel Kanker.

Sedangkan akar dan getah pohon pepaya juga sering dijadikan sebagai obat tradisional untuk mengobati berbagai penyakit manusia. Biji buah pepaya yang berwarna hitam juga dapat dijadikan obat untuk mengatasi penyakit cacingan. 

Berikut beberapa manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan, yang disadur dari berbagai sumber:

1. Dapat Mengatasi Penyakit Demam Berdarah

Daun papaya dipercaya berkhasiat untuk mengatasi penyakit demam berdarah. Daun papaya ini sudah dari turun temurun dipergunakan masyarakat Indonesia sebagai obat tradisional untuk mengatasi penyakit demam berdarah. Untuk menjadikan daun papaya sebagai obat demam berdarah, caranya ambil 5 lembar daun pepaya atau secukupnya saja kemudian direbus dengan 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas saja. Air rebusan daun pepaya tersebut diminum sekaligus. Namun sebaiknya jangan berlebihan dalam mengkomsumsi daun pepaya ini kecuali jika sudah dalam tahap mengkhawatirkan.

2. Dapat Membantu Meningkatkan Nafsu Makan

Selain utnuk mengobati demam berdarah, daun papaya juga dipercaya berkhasiat untuk meningkatkan nafsu makan. Caranya adalah dengan menyiapkan daun pepaya segar seukuran telapak tangan, sedikit garam, dan air hangat setengah cangkir. Semua bahan dicampur, ditumbuk atau diblender, kemudian disaring untuk diambil airnya kemudian diminum. Ramuan ini aman, bahkan untuk anak-anak sekalipun.

3. Dapat Membantu Mengatasi Nyeri Haid

Daun papaya juga dipercaya berkhasiat untuk mengatasi rasa nyeri datang bulan pada wanita. Untuk membuat ramuan ini, kita memanfaatkan kombinasi daun papaya dan asam jawa. Cara membuat ramuannya adalah dengan menyediakan 1 lembar daun pepaya, asam jawa, garam secukupnya dan air dicampurkan dan direbus hingga matang. Untuk khasiat yang lebih baik sebaiknya diminum selagi hangat.

4. Dapat Membantu Melancarkan Pencernaan

Daun papaya juga berkhasiat untuk memperlancar pencernaan. Daun papaya yang didalamnya terdapat kandungan zat yang dinamakan karpain. Zat karpain ini sangat baik untuk saluran pencernaan kita karena zat inilah yang membantu membunuh micro organisme yang mengganggu dalam pencernaan kita. Caranya sangat mudah karena cukup dengan mengkonsumsi daun pepaya sebagai teman makan nasi atau lalapan.

5. Dapat Mengatasi Jerawat Pada Kulit

Selain bermanfaat bagi kesehatan tubuh bagian dalam, daun pepaya juga berkhasiat untuk merawat kecantikan terutama dalam menghilangkan jerawat. Untuk mengatasi jerawat, daun papaya bisa dimanfaatkan dengan cara menggunakan daun papaya yang sudah di keringkan terlebih dahulu, Kemudian dilumatkan dan dicampur dengan air baru kemudian diusapkan ke wajah seperti halnya dengan masker pada umumnya.

6. Daun Pepaya Mengandung Senyawa Antikanker

Daun papaya dan batangnya dari beberapa penelitian ditemukan banyak mengandung getah putih seperti susu (white milky latex). Getah putih ini sedang diteliti untuk dikembangkan sebagai bahan obat antikanker, sebagaimana dikutip dari Journal Society of Biology. Getah ini otomatis didapatkan saat kita mengonsumsi daun pepaya, dimasak dengan cara apa pun.

7. Dapat Mengobati Sakit Perut Pada Balita

Daun papaya juga dipercaya berkhasiat untuk mengobati sakit kembung pada balita. Bagi orangtua yang memiliki anak balita yang sering mengalami sakit perut kembung, bisa mengobatinya dengan menggunakan ramuan daun pepaya. Caranya adalah dengan menyediakan 2 lembar daun pepaya, 3 tangkai daun dadap serep, kapur sirih secukupnya. Semua bahan tersebut ditumbuk bersama sampai halus. Gunakan sebagai bedak dan dioleskan pada perut balita yang sakit.

8. Dapat Mengatasi Kekurangan Nutrisi pada Balita

Daun pepaya mengandung banyak sekali dengan vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. Jika anda memiliki abak balita yang mengalami kekurangan nutrisi, bisa diatasi dengan memnafaatkan daun pepaya. Caranya adalah dengan menyiapkan 1 lembar daun pepaya, cuci bersih kemudian direbus dengan 1,5 gelas air sampai mendidih, saring untuk diambil airnya. Lalu diminumkan pada balita dua sendok makan setiap hari.

Selain berkhasiat untuk kesehatan dan kecantikan, daun pepaya juga memiliki manfaat lainnya. Diantaranya adalah daun pepaya bisa digunakan untuk melunakkan daging. Jika Anda ingin memasak daging dan menginginkan daging yang empuk, rebus daging bersama dengan daun pepaya. Supaya dagingnya tidak menjadi pahit, daun pepaya yang digunakan untuk merebus daging jangan terlalu banyak. 

Walaupun rasanya Phet Tuloe, Oen Putek Sangat Bermanfaat bagi Kesehatan. Semoga bermanfaat. [Admin-01)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon