8 Oktober 2015

Ekonomi Nasional Ditopang Desa

GampongRT - Gubernur Aceh, Zaini Abdullah, menyatakan desa/gampong menjadi penopang ekonomi utama nasional yang harus diperkuat dan mendapat dukungan dari semua pihak.

"Membangun Indonesia, sebagaimana dicanangkan Presiden Joko Widodo banyak difokuskan pada kawasan-kawasan pedesaan dan ini pantas kita dukung bersama," katanya, di sela-sela pembukaan PIN ke-1 dan TTG Nasional ke-17 di Stadion Harapan Bangsa, Lhoong Raya, Banda Aceh, Kamis.

Pada acara Pekan Inovasi Perkembangan Desa I dan Teknologi Tepat Guna (TTG) 2015 yang dibuka Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Abdullah menjelaskan, SDA dan SDM Indonesia banyak terdapat di pedesaan. 

"Kita tidak hanya menciptakan pemerataan pembangunan dengan membangun desa, tapi juga dapat membuktikan bahwa pergerakan ekonomi Indonesia tidak hanya di kota-kota besar," katanya.

Ia menjelaskan keberadaan UU Nomor 6/2014 membuka ruang bagi desa untuk mengoptimalkan potensi yang ada di wilayahnya. 

"Tentu saja langkah tersebut akan diperkuat dengan program nasional dan program daerah dalam rangka penguatan ekonomi desa dengan program simultan dari berbagai arah," katanya.

Ia meyakini desa-desa di Indonesia mampu menunjukkan identitasnya sebagai basis ekonomi rakyat guna memperkuat ekonomi nasional di masa mendatang. (
Antara)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon