30 April 2015

Rekrutmen Tenaga Pendamping Desa Dibuka Kapan?

GampongRT - Informasi yang disampaikan ke publik, pencairan dana desa akan dimulai pada akhir bulan April tahun 2015. Supaya dana desa tersalur tepat sasaran dan bermanfaat untuk kemandirian desa, akan merekrut kader pendamping desa, dan mereka sebagai perpanjangan tangan Pemerintah yang direkrut langsung oleh Kementerian Desa, PDTT.

Kementerian Desa menyebutkan, untuk tahap awal pendamping desa dibutuhkan sebanyak 16 ribu orang dan akan terus ditambah sehingga setiap desa di Indonesia akan mempunyai 1 orang pendamping. Tetapi, sampai tanggal 30 April 2015, pengumuman tentang rekrutmen tenaga pendamping desa belum ada khabar dan pengumuman rekrutmen tenaga pendamping desa 2015. 

Dalam situs kementerian desa, juga belum ada informasi tentang Pengumuman Rekrutmen Tenaga Pendamping Desa. Padahal, animo masyarakat yang ingin mendaftar sangat banyak, mereka pun bertanya-tanya, rekrutmen tenaga pendamping Desa dibuka kapan, yang jelas belum ada informasi.

Menurut informasi yang diperoleh dari sebuah sumber, rekrutmen tenaga pendamping desa sedang dalam proses pematangan internal Kementerian Desa. 

Sumber tersebut juga menyebutkan, kemungkinan ada perubahan dalam rekrutmen tenaga pendamping desa. Khabarnya, "Kementerian Desa hanya merekrut tim teknis pendamping desa pada level provinsi. Untuk tenaga pendamping di tingkat kabupaten/kota, nanti akan direkrut oleh tim provinsi. Untuk rekrutmen tim pendamping desa/kecamatan, ada kemungkinan akan dilakukan oleh tim kabupaten/kota".

Padahal, sebelumnya sudah beredar informasi tentang; Pengumuman dan Panduan Rekrutmen Pendamping Desa, dan Tahapan Seleksi Pendamping Desa.

Artikel Terkait