16 Oktober 2015

Website Berdesa yang Layak Dikunjungi



Lahirnya Undang-Undang Desa, telah memunculkan spirit baru bagi publik Indonesia dalam berdesa. Semangat itu patut diberikan apresiasi, meskipun masih banyak yang harus dibenahi agar semua Desa Berdaya. 

Semangat berdesa menjadi hashtag populer di sejumlah media online Indonesia maupun melalui media sosial seperti di google plus, twitter, facebook, instagram, dan lain sebagainya.

Beberapa hashtag populer berdesa antara lain; #Desa Membangun Indonesia, #Gerakan Desa Membangun, #Desa Bergegas, #Desa Berdaya, #Desa Mandiri, #Desa Wisata, #Swadaya Desa, #Desa Lumbung Pangan Nasional, #Menatap Desa, #Fotografi Desa, #Mengawal Dana Desa, dan lain sebagainya.

Langsung saja ke website desa inspiratif dan penyedia informasi berdesa yang layak dikunjungi:

1. Website Desa Membangun


Website Desa Membangun [dot] id adalah situs Gerakan Desa Membangun (GDM). GDM merupakan inisiatif dari desa-desa untuk melakukan tata kelola pemerintahan yang baik. 

GDM lahir sebagai kritik atas praktik pembangunan perdesaan yang cenderung dari atas ke bawah (top down) dibanding dari bawah ke atas (bottom up). Akibatnya, desa sekadar menjadi objek pembangunan, bukan sebagai subjek pembangunan. Desa tidak kurang diberi kewenangan dalam mengelola sumber daya yang ada di wilayahnya.

Maka salah satu prinsip yang diusung GDM yaitu penerapan tata perencanaan, penganggaran, pelaksanaan pembangunan desa yang akuntabel dan transparan. 

Beragam informasi inspiratif lainnya dalam membangun desa bisa diakses di www [dot] membangun desa [dot] id, maka layak untuk dikunjungi.

2. Website Potret Desa

Dana desa merupakan program kali pertama yang diluncurkan di Indonesia. Ini merupakan bagian dari tujuan negara untuk membangun desa sebagai upaya meningkatkan kualitas hidup dan kehidupan yang sebesar-besarnya mensejahterakan masyarakat desa. Dana Desa digunakan untuk mendanai penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, dan pemberdayaan masyarakat yang sudah direncanakan oleh masyarakat Desa sendiri.Kalau ingin mengetahui berapa jumlah Rincian Alokasi Dana Desa masing-masing provinsi dan kabupaten/kota tahun 2015 serta beberapa informasi lain seputar berdesa bisa diakses disitus ini www [dot] potret desa [dot] com.

Publik Indonesia yang aktif di dunia maya, mungkin tidak asing lagi dengan keberadaan situs potret desa, situs ini kencang melakukan promosinya melalui Iklan Google Adsense, dan facebook. Dilihat dari konten dan isi, situs ini layak untuk di kunjung.

3. Website Berdesa

Banyak inspirasi dan informasi yang dapat dibaca di website berdesa [dot] com. Seperti informasi tentang konsep pemberdayaan masyarakat desa, pembentukan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), UMK Desa, ekonomi kreatif desa, dan lain-lainnya tentang berdesa.

Gambar ilustrasi
#Desa Bergegas #Desa Membangun Indonesia #Kawal Desa Desa #Dana Gampong #ADD

Artikel Terkait

Media Informasi dan Edukasi Berdesa


EmoticonEmoticon