9 Maret 2017

PKK Sebagai Motivator Desa Membangun

Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) merupakan gerakan pembangunan masyarakat yang efektif dengan sasaran keluarga-keluarga, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Gerakan ini menjadi sangat strategis dan terus digalakkan pelaksanaanya secara merata di seluruh Indonesia sejak tahun 1972.
PKK merupakan gerakan pembangunan masyarakat yang efektif dengan sasaran keluarga-keluarga, baik di pedesaan maupun di perkotaan. Gerakan ini menjadi sangat strategis dan terus digalakkan pelaksanaanya secara merata di seluruh Indonesia sejak tahun 1972.
10 Program PKK/Foto Google
Gerakan PKK bertujuan memberdayakan keluarga untuk meningkatkan kesejahteraan menuju terwujudnya keluarga yang beriman dan bertaqwa kepada tuhan yang maha esa, berakhlak mulia dan berbudi luhur, sehat sejahtera, maju dan mandiri, kesetaraan dan keadilan gender serta kesadaran hukum dan lingkungan.

Tim Penggerak PKK berperan sebagai motivator, fasilitator, perencana, pelaksana, pengendali dan penggerak. Pembinaan tehnis kepada keluarga dan masyarakat dilaksanakan dalam kerjasama dengan unsur dinas instansi pemerintah terkait.

Anggota Tim Penggerak PKK adalah para relawan, yang tidak menerima gaji, baik perempuan maupun laki-laki, yang menyediakan sebagian dari waktunya untuk PKK. Walaupun Sasaran PKK adalah keluarga, khususnya ibu rumahtangga, perempuan, sebagai sosok sentral dalam keluarga. 

Tapi dialam nyata anggota tim penggerakan PKK tidak hanya mengurus soal kehidupan rumahtangganya dan mengasuh anak. Banyak diantara ibu rumahtangga yang membantu suami disawah, diladang, bahkan berusaha menambah pendapatan keluarga dengan berjualan.

Pengertian
Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) adalah gerakan pembangunan masyarakat yang tumbuh dari bawah dengan wanita sebagai motor penggeraknya untuk membangun keluarga sebagai unit atau kelompok terkecil dalam masyarakat, guna menghimpun, mengarahkan, dan membina keluarga sehingga terwujud keluarga sejahtera.

Keluarga sejahtera adalah keluarga yang mampu menciptakan keselarasan, keserasian dan keseimbangan antara kemajuan lahiriah dan batiniah, yaitu keluarga yang tata kehidupan dan penghidupannya diliputi oleh rasa saling pengertian, tenggang rasa, kegotongroyongan dalam suasana kekeluargaan yang harmonis, keamanan dan ketertibannya terjamin, menjunjung tinggi hak-hak asasi dan ketentuan hukum serta melaksanakan kewajiban sebagai warga yang baik dan insan sosial.

Tim penggerak PKK adalah unsur pimpinan, pembina, perencana, pelaksana, pengendali, dan penggerak PKK pada masing-masing tingkat pemerintahan untuk terlaksananya program PKK.

Sasaran
Sasaran PKK adalah keluarga, baik di daerah pedesaan maupun di daerah perkotaan yang perlu ditingkatkan dan dikembangkan kepribadiaan dan kemampuanya dalam bidang berikut:

  • Mental spritual yang meliputi sikap dan perilaku sebagai insan hamba Tuhan, warga masyarakat dan warga negara yang bermanfaat berdasarkan pancasila dan UU Dasar 1945.
  • Fisik material yang meliputi sandang, pangan, papan, kesehatan, kesempatan kerja yang layak serta lingkungan hidup yang lestari melalui peningkatan pendidikan, pengetahuan dan keterampilan.

10 Program Pokok PKK

  1. Penghayatan dan Pengamalan Pancasila
  2. Gotong Royong
  3. Pangan
  4. Sandang
  5. Perumahan dan Tata Laksana Rumah Tangga
  6. Pendidikan dan Keterampilan
  7. Kesehatan
  8. Pengembangan Kehidupan Berkoperasi
  9. Kelestarian Lingkungan Hidup
  10. Perencanaan sehat

Diolah dari berbagai referensi.

Artikel Terkait