28 Juli 2018

Peta Jalan Badan Usaha Milik Desa Indonesia

Tags

Badan Usaha Milik Desa yang disingkat BUM Desa adalah lembaga usaha desa yang dikelola oleh masyarakat dan pemerintah desa dalam upaya memperkuat kemandirian desa dan dibentuk berdasarkan kebutuhan masyarakat dan potensi desa.

Peta Jalan Badan Usaha Milik Desa Indonesia ini berisi rincian mengenai keadaan BUMDes masa kini, tantangan yang dihadapi, serta kebijakan dan strategi pengembangan BUMDes masa depan.
Sebagai pilar kebangkitan ekonomi Indonesia dari Desa, keberadaan BUMDes dari Sabang sampai Meurauke, dari Miangas sampai Pulau Rote masih memerlukan dukungan dan pendampingan dari berbagai pihak. Agar BUMDes benar-benar menjadi wadah atau pusat pelaksanaan kegiatan pemberdayaan ekonomi di desa.

Dalam menguatkan ekonomi desa, tim dari BUMDes.id telah menyusun sebuah Peta Jalan Badan Usaha Milik Desa Indonesia. Peta jalan ini dilahirkan atas sinergi dari Academics-Business-Community-Government-Financial Institution dan Media (ABCGFM)

Dalam peta jalan BUMDes tersebut mengambarkan mengenai keadaan BUMDes masa kini, tantangan yang dihadapi, serta kebijakan dan strategi pengembangan BUMDes masa depan.

Supaya BUMDes dapat maju dan mandiri, maka setiap Desa harus percaya pada kemampuan warganya untuk mengubah nasib. Nasib Desa tidak akan berubah, kecuali warga desa itu sendiri yang merubahnya. 

Desa bukan miskin potensi, tetapi desa miskin keberanian dan inovasi. Warga desa perlu dibangun mental wirausaha. Bagaimana melihat dan menangkap peluang, serta mengubah peluang tersebut menjadi profit. 

Baca juga: BUMDes Pilar Ekonomi Masa Depan Desa.

Sebuah mental untuk selalu berpikir positif, percaya usaha sendiri dan berani mengambil risiko. Kondisi desa harus dilihat dari kacamata wirausaha. Banyak warga desa yang silau atas kemajuan daerah lain, padahal mereka sedang duduk di gunungan emas. 

Peningkatan kapasitas SDM diperlukan untuk mengolah potensi yang ada sesuai kearifan lokal dan perkembangan pasar. 

Untuk itu BUMDes harus menjadi rumah besar semua usaha di desa. Harus mampu jadi lokomotif untuk menggerakkan semua potensi desa. BUMDes Harus mampu jadi panggung untuk mendorong warga desa jadi pemain, bukan penonton. 

Oleh karena itu, berbagai informasi yang disajikan dalam Petan Jalan BUMDes Indonesia menuju Kemandirian Desa ini sangat layak untuk dibaca.

Salah satu kunci kemandirian desa adalah inovatif dan kreatif desa dalam menggali, mengelola dan mengembangkan potensi desa menjadi produktif dan bernilai bagi kesejahteraan masyarakat desa.(*)

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon