25 Des 2014

Setelah Hujan Deras, Inilah yang Terjadi di Kecamatan Sawang

GampongRT - Setelah hujan deras yang menguyur kawasan kecamatan Sawang kabupaten Aceh Utara, selain terjadi lonsor juga telah menimbulkan kerusakan jalan di beberapa titik seperti yang terjadi kawasan Cot Rinyeun gampong Riseh Baroh.

Kerusakan jalan dikawasan Cot Rinyeun tergolong cukup serius dan jelas sangat membahayakan bagi pengendara kenderaan, jika lengah sedikit saja bisa celaka akibatnya.

Seriusnya lagi jika jalan utama ini amblas dan terputus sudah dapat dipastikan arus transportasi yang menghubungkan tiga gampong yakni gampong Riseh Baroh, Riseh Teungoh dan Riseh Tunong akan terisolir.

Pantauan GampongRT, per tanggal 26 Desember 2014 jalan masih bisa dilalui, namun kerusakannya tergolong sangat serius. 

Terkelupasnya jalan aspal tersebut disebabkan oleh debit air yang mengalir dari atas bukit Cot Rinyeun terlalu tinggi, sehingga tanah bawah jalan terseret air yang mengakibatkan aspalnya terkelupas.

Seorang warga memperkirakan jika jalan aspal tersebut benar-benar amblas, maka aktivitas warga di tiga desa akan terhenti. Anak-anak sekolah tingkat SLTP dan SLTA di tiga desa akan terhenti, karena tidak ada jalan lain yang bisa dilalui.

Anggota DPRK Aceh Utara, Fauzi Zakaria sudah menijau lokasi rusaknya jalan tersebut. "Saya telepon pak camat Sawang agar segera menyampaikan laporan kepada pihak teknis kabupaten dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Utara untuk segera dapat ditangani, "ujarnya

Ia juga menjelaskan, banjir dan lonsor juga terjadi beberapa gampong lainnya. Di Pulo Rungkom kecamatan Dewantara sejumlah rumah warga terendam air. Gampong Menasah Pulo kecamatan Sawang juga terendam air, di gampong Krueng Haji Mesjid terendam air setinggi 1 meter dan ada rumah warga yang terancam amblas ke sugai, "jelas Ketua Komisi B DPRK Aceh Utara. (Baca: Intensitas Hujan Tinggi : Kawasan Lhok Kliet dan Cot Rinyeun Lonsor)

Artikel Terkait